Ganjar Libatkan Banyak Pakar Godok Visi-Misi Indonesia Unggul
Bakal pasangan capres dan cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menaiki panggung orasi bersama istri masing-masing di Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (19/10/2023). (ANTARA/Uyu Septiyati Liman)

Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon presiden-wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah menyerahkan visi dan misi dalam mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Visi misi tersebut juga telah diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat mendaftar sebagai pasangan calon capres-cawapres hari ini.

Ganjar menyebut penyusunan visi misinya telah digodok sejak lama. Rumusan visi misinya juga telah disempurnakan dengan perluasan gagasan yang melibatkan para ahli.

"Sudah sangat lama sekali dan kami melibatkan banyak pakar. Kami melakukan diseminasi, diskusi dengan mereka agar lebih mantap dan alhamdulilah banyak yang memberikan masukan baik dalam maupun luar negeri. Mudah-mudahan yang terbaik," kata Ganjar di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Oktober.

Dalam dokumen visi misi Ganjar-Mahfud yang diterima VOI, bakal paslon capres-cawapres ini memiliki visi menuju Indonesia unggul.

Sementara, misi mereka di antaranya mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian; mempercepat penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi berdikari; mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah.

Kemudian, mempercepat pemerataan pembangunan ekokomi; mempercepat pembangunan sistem digital nasional; mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru; mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif; penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan, dan keamanan yang profesional.

Selanjutnya, mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

"Tentu saja ada banyak isu, mulai dari transisi energi, hilirisasi yang tidak hanya sumber daya alam, tapi masuk pada wilayah-wilayah kelautannya, perkebunannya, dan digitalnya," urai Ganjar.

"Ini yang selalu penting menjadi perhatian termasuk tentu pemerintahan yang bersih, yang setara, yang semua bisa mengakses, dan tentu saja pengembangan ekonomi hijau, biru, digital, yang kita sebut sebagai ekonomi baru," tambahnya.

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftar sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024. Ganjar dan Mahfud didaftarkan oleh koalisi partai PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

Berkas pendaftaran ini diserahkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Ketua KPU RI Hasyim Asyari. Selanjutnya, Ganjar dan Mahfud menyerahkan dokumen visi-misi sebagai pasangan calon kepada KPU.

Kemudian, KPU menjadwalkan Ganjar dan Mahfud untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada 22 Oktober 2023 di RSPAD Gatot Subroto.