Jakarta Absen di Kalender Formula E 2024: Begini Alasannya
Jakarta Absen di Kalender Formula E 2024 (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kota Jakarta tidak masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim mendatang sebab bertepatan waktunya dengan masa Pemilihan Universal (Pemilu) 2024. Apakah itu jadi alasan kenapa Jakarta absen di kalender Formula E 2024?

Jakarta Absen di Kalender Formula E 2024

Dikutip dari penjelasan resmi Formula E, Jumat, kota Jakarta dicoret dari kalender balapan masa kesepuluh itu sebab pada balapan yang direncanakan diselenggarakan pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol tersebut bertabrakan dengan masa Pemilu 2024.

"Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar bulan Juni. Ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalan-jalan ibu kota pada saat yang sama. Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kelayakan balapan di kota pada tanggal alternatif," tulis keterangan resmi Formula E.

Melansir dari ANTARA,musim kesepuluh Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA diawali di Mexico City, Mexico pada 13 Januari 2024. Saat sebelum mengalami musim kejuaraan, para pebalap bakal melakoni uji coba di sirkuit Valencia, Spanyol pada 23-27 Oktober mendatang.

"Formula E akan memimpin motorsport global musim depan sebagai satu-satunya kejuaraan dunia yang berlomba di tiga pasar terbesar China, India, dan Amerika Serikat. Bersama dengan debut kami di sirkuit Tokyo dan balapan sirkuit lainnya seperti Brasil, Jerman, Arab Saudi, dan Inggris, kami telah membangun kalender yang berpotensi melibatkan miliaran orang dalam masa depan motorsport yang menarik dan menghibur," kata CEO Formula E Jeff Dodds. 

Formula E musim ini buat awal kalinya bakal diselenggarakan di Sirkuit Internasional Shanghai, Shanghai, China dengan melakukan 2 seri balapan yang bakal berlangsung pada Sabtu, 25 Mei serta Minggu, 26 Mei 2024. 

Formula E Bakal Memimpin Kejuaraan Motorsport Tahun Depan

CEO Formula E, Jeff Dodds, menyatakan, “Formula E bakal jadi pemimpin di kejuaraan motorsport global tahun depan selaku salah satunya yang diselenggarakan di 3 pasar terbesar, yakni Cina, India, serta Amerika Serikat. Bersama dengan itu, kami pula bakal debut di jalanan Tokyo serta balapan di pasar global utama yang lain seperti Brazil, Jerman, Arab Saudi, serta Inggris. Kami sudah menyusun kalender yang memiliki potensi buat melibatkan miliaran orang dalam masa depan motorsport listrik yang menarik serta menghibur,"

Kalender Formula E 2024

Berikut ini merupakan kalender balap Formula E 2024 tanpa Jakarta:

  • Mexico City: 13 Januari
  • Diriyah, Arab Saudi: 26-27 Januari
  • Hyderabad, India: 10 Februari
  • Sao Paulo, Brazil: 16 Maret
  • Tokyo, Jepang: 30 Maret
  • Tempat yang Belum Ditentukan, Italia: 13-14 April
  • Berlin, Jerman: 11-12 Mei
  • Shanghai, China: 25-26 Mei
  • Portland, Amerika Serikat: 29 Juni
  • London, Inggris Raya: 20-21 Juli

Jadi setelah mengetahui kenapa Jakarta absen di kalender Formula E 2024, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!