Pelembang Belum Musim Hujan, Pemkot Mitigasi Bentuk Pasukan Pembersih Gorong-gorong
Ilustrasi. Petugas Dinas Citata DKI antisipasi banjir membersihkan sampah dan lumpur di gorong-gorong Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis 3 Maret 2016. (ANTARA-Prasetyo Utomo)

Bagikan:

SUMSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang membentuk dan mengerahkan pasukan pembersih gorong-gorong air guna mengantisipasi banjir ketika musim hujan terjadi di wilayahnya.

"Untuk mengantisipasi banjir di Kota Palembang, kami terus ke lapangan guna memantau, dan kami membentuk tim pembersih saluran atau gorong gorong air, kemudian kami turunkan tim itu untuk stand by di tempat apabila sedimennya tinggi, terus ada penumpukan sampah, maka dilakukan pembersihan dan di angkut sehingga tidak terjadi genangan air," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa, di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin 23 Oktober, disitat Antara.

Ia menambahkan, berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada akhir Oktober sebagian wilayah di Sumsel akan memasuki musim hujan dan akan merata pada bulan November 2023.

"Untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat hujan di Kota Palembang kami telah menyiapkan antisipasinya," ujar Ratu Dewa.

Selain itu kini pihaknya telah melakukan pemetaan di beberapa titik paling rawan terjadi banjir di Kota Palembang apabila dilanda hujan dengan intensitas deras dan waktu yang cukup lama.

"Kawasan sekip bendung, Jalan Residen Abdul Rozak, depan SMA kusuma Bangsa, simpang Polda Sumsel, Kemang Manis, dan beberapa titik di Kota Palembang semuanya menjadi prioritas," tandasnya.