Bagikan:

JAKARTA - Enam orang kawanan rampok bersenjata api beraksi di minimarket Jalan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, ditangkap Polres Metro Jakarta Barat. Satu orang tersangka diantaranya yang bernama Toto (27) merupakan pemimpin dari komplotan tersebut.

Dalam aksinya, para pelaku tergolong bertindak sadis. Mereka kerap menodongkan senjata api ke karyawan minimarket.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Syahdudi mengatakan, para pelaku yang diamankan berjumlah 6 orang. Selain terlibat perampokan, para pelaku juga terlibat sejumlah kasus pencurian motor di sejumlah lokasi di Jakarta Barat.

"Total tersangka yang kita amankan ada berjumlah kurang lebih 6 orang. Tersangka Toto alias Rendi, berperan sebagai kapten," kata Kombes Syahduddi kepada wartawan, Senin, 23 Oktober.

Tersangka Toto alias Rendi juga penyedia senjata api dan senjata tajam kepada eksekutor untuk mengambil motor. Toto yang merupakan kapten rampok ini juga bertugas menjadi pembagi hasil dari kelompok ini.

"Penangkapan Toto sempat sulit karena dia sering berpindah-pindah tempat dan juga membawa senjata api rakitan. Dia juga tidak sungkan untuk melakukan aksi penembakan terhadap petugas kami yang berupaya untuk menangkap yang bersangkutan," ujarnya.

Saat dilakukan penyergapan, anggota Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat sempat melakukan dua kali kontak tembak dengan tersangka Toto di kawasan Lebak, Banten.

"Ketika pelaku utama atau kapten atas nama Toto ini kita sergap, yang bersangkutan juga melakukan perlawanan. Karena dia masih membawa senjata api dan melakukan upaya penembakan terhadap petugas atau pun tim gabungan yang datang ke lokasi," katanya.

Karena membahayakan petugas di lapangan, polisi akhirnya terpaksa menembak pelaku.

"Petugas melakukan tindakan tegas terukur hadap pelaku atas nama Toto ini. Karena memang sangat-sangat membahayakan dan mengancam jiwa dan keselamatan petugas yang berupaya menangkap yang bersangkutan," ujarnya.

Dari tangan tersangka Toto, polisi menyita satu pucuk senjata api rakitan berikut dengan enam butir pelurunya. Polisi juga melakukan pendalaman terkait pemasok senjata api tersebut.

"Dari keterangan Toto, kita berhasil mengamankan satu orang laki-laki atas nama KW alias Krisna di Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung selatan, Provinsi Lampung. Jadi yang bersangkutan sudah berupaya untuk melarikan diri ke arah Lampung, namun berhasil dicegah dan diamankan oleh tim gabungan Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat," katanya.

Seperti diketahui, Toto dan komplotannya berhasil membawa kabur motor dan mencuri sejumlah barang di minimarket. Dalam aksi perampokan di minimarket, Toto cs menodongkan senjata api dan juga senjata tajam kepada para karyawan toko.

Lalu pelaku mengambil barang-barang berharga yang ada di toko tersebut baik itu berupa uang tunai, rokok, dan juga sepeda motor milik karyawan.

"Ada 6 TKP (kejadian) yang dilakukan oleh para pelaku ini, di mana modusnya adalah para pelaku terlebih dahulu melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor. Kemudian mereka melanjutkan dengan merampok minimarket," tambahnya.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 365 ayat (2) ke 2e KUHP dan Pasal 363 KUHP. Para pelaku masih menjalani pemeriksaan di Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat.