Gibran Cawapres Prabowo, Perang Dingin Jokowi dan Megawati Dimulai
Presiden Jokowi bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA -  Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan dideklarasikan menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024 dan dinilai jadi pemicu perang dingin antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Perang dingin antara Presiden Jokowi dengan Megawati bakal berdampak terhadap perolehan suara PDIP dan kemenangan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

"Perang dingin antara Jokowi dan Megawati akan menentukan apakah perolehan suara PDIP pada Pemilu 2024 akan tetap unggul di antara parpol lain atau malah menyusut akibat dari perang dingin itu," ujar CEO Senopati Syndicate, Raylis Sumitra dalam keterangannya, Minggu 23 Oktober.

Raylis mengatakan, Jokowi merupakan presiden dua periode. Selain didukung kekuatan partai politik, kata dia, Jokowi juga didukung organ relawan yang militan. Jokowi, kata dia, bakal berhadapan dengan Megawati yang merupakan pemimpin parpol dengan perolehan suara tertinggi di Pemilu 2014 dan 2019.

"PDIP juga memiliki pendukung militan dari ideologi Marhaen yang diusung Soekarno," tegas Raylis.

Raylis menilai perang dingin Jokowi dan Megawati tersebut tidak menciptakan bentrokan yang besar. Hal ini karena seluruh pihak yang terlibat merupakan elite parpol yang tergabung dalam koalisi pemerintahan. Menurut dia, kemenangan perang dingin nantinya ditentukan oleh aliansi dukungan parpol maupun nonparpol.

"Termasuk narasi negatif atau positif dan kekuatan ekonomi," ungkap dia.

Apalagi, lanjut Raylis, koalisi parpol pada Pemilu 2024 masih didominasi para pendukung Jokowi di pemerintahan. Dia mencontohkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diusung Partai Nasdem dan PKB, yang masih menjadi bagian koalisi pemerintahan Jokowi sampai 2024.

Kemudian, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto juga masih menjadi koalisi di pemerintahan Jokowi. Sedangkan, parpol pengusung Ganjar Pranowo, PDIP, merupakan partai yang menaungi Jokowi.

Bahkan, pendamping Ganjar, Mahfud MD, merupakan orang yang sebelumnya direstui Megawati untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019, meski kandas dan digantikan Ma'ruf Amin.

"Dan sampai laporan ini dikeluarkan, belum ada pernyataan resmi dari tiga pasangan capres yang menyatakan keluar dari koalisi pemerintahan Jokowi," kata Raylis.

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka sudah disepakati oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi cawapres Prabowo Subianto. Rencananya, Prabowo-Gibran bersama pimpinan KIM, yakni Gerindra, Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Garuda dan Gelora akan mendaftarkan diri sebagai bakal capres-cawapres ke KPU pada Rabu 25 Oktober. Saat ini, Gibran masih menjadi kader PDIP.

Sementara PDIP telah secara resmi mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024. Ganjar-Mahfud telah mendaftar ke KPU pada Kamis 19 Oktober lalu. Selain PDIP, Ganjar-Mahfud diusung PPP, Hanura, dan Perindo.