Bagikan:

BANDUNG - Kebakaran melanda satu rumah toko (ruko) semi permanen di Kampung Cihurang, Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Minggu 22 Oktober.

Kebakaran yang terjadi pukul 05.30 WIB itu mengakibatkan korban jiwa seorang balita perempuan yang tewas terjebak. Bangunan yang berfungsi sebagai rumah sekaligus konter ponsel itu ludes hingga hampir rata dengan tanah.

"Betul kita terima laporan sekitar jam 6 pagi soal kebakaran di daerah Bunijaya," tutur Komandan Regu Pemadam Kebakaran KBB Pos Wilayah Cililin, Wahyu Agus, Minggu siang.

Peristiwa kebakaran itu, tutur Wahyu, diduga terjadi akibat api dari lilin yang merembet ke bahan yang mudah terbakar di dalam ruko semi permanen tersebut.

"Jadi untuk kondisi kejadian itu disebabkan oleh lilin yang merembet ke kain itu entah terjatuh atau bagaimana, kemudian api merembet dan berujung kebakaran," ucap Wahyu.

Saat itu hanya ada korban balita saja yang berada di dalam rumah lantaran sedang tertidur lelap. Sementara lima orang lainnya selamat lantaran berada di luar rumah. "Kebakaran ini menelan korban jiwa yakni satu orang anak berusia kurang lebih 3 tahun," ujar Wahyu.

Pemadaman kebakaran tersebut selesai pada pukul 07.30 WIB. Selain korban jiwa, kebakaran ini juga menyebabkan kerugian materi mencapai Rp 150 juta lantaran area yang terbakar nyaris sepenuhnya. "Kita terjunkan 1 unit pancar ke lokasi kejadian. Sampai selesai, penanganan dilakukan sekitar 1 jam," ucap Wahyu.

Peristiwa tersebut kini ditangani Polsek Gununghalu sedangkan korban telah dimakamkan pihak keluarga.

"Betul telah terjadi kebakaran ruko semi permanen sampai menimbulkan korban jiwa satu orang balita. Dan kasus tersebut sudah ditangani oleh Polsek Gununghalu dan untuk jenazah langsung dimakamkan pihak keluarga," pungkas Kasi Humas Polres Cimahi Iptu Gofur