Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya sepakat mengusulkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kesepakatan ini diambil setelah internal partai melaksanakan rapat pada Jumat malam, 20 Oktober.

Hal ini disampaikan Airlangga dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar yang dihadiri Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus capres dari Koalisi Indonesia Maju.

“Tadi malam, pak, kami rapat cukup lama, cukup hangat. Tapi semuanya sangat konsensus mengusulkan, saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres,” kata Airlangga dalam pidatonya di hadapan Prabowo sebagai tamu undangan di DPP Partai Golkar, Sabtu, 21 Oktober.

“Apakah setuju?” tanya Airlangga setelahnya.

“Setuju!” teriak para kader partai yang hadir.

Airlangga kemudian meminta persetujuan dari seluruh perwakilan partai di provinsi. “Aceh setuju? Papua setuju? Sulawesi setuju? NTT setuju? Jabar setuju? Banten? Jateng? Jatim? Bali? NTB? Kalimantan?” tanyanya.

“Setuju!” teriak para kader.

“Pak Prabowo, semua setuju,” ujarnya 

Selain itu, Airlangga juga bertanya soal calon under 40 atau di bawah 40 tahun.

“Ada satu yang harus kami tanya juga, under 40?” tanya Airlangga.

“Setuju!” teriak para kader.

Setelah ini Airlangga kemudian menutup Rapimnas. “Pak Prabowo, kalau semua setuju, boleh saya langsung ketok?”

“Bismillah, maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo dan ini untuk dibawa Pak Prabowo dalam pertemuan forum ketua umum partai,” tutup Airlangga sambil mengetuk palu diiring tepuk tangan kader.