Bagikan:

SUMBAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menerbitkan surat edaran penggunakan masker di lingkungan sekolah antisipasi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat meningkatnya kabut asap di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra mengatakan Surat Edaran dengan Nomor 421/2824/Disdikbud-2023 tentang Imbauan Penggunaan Masker.

"Surat edaran itu dikeluarkan setelah semakin meningkatnya kabut asap di wilayah Agam," katanya di Lubuk Basung, Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat 20 Oktober, disitat Antara.

Ia mengatakan, terdapat tiga poin dalam surat edaran itu diantaranya mengimbau guru, murid, dan tenaga kependidikan, agar menggunakan masker ketika berada atau melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kemudian, mengingatkan warga sekolah untuk mengurangi aktivitas kegiatan di luar kelas serta mengingatkan warga sekolah untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Penggunaan masker ini, lanjutnya, penting untuk mencegah penyakit ISPA.

"Ini dalam mencegah penyakit ISPA melanda siswa di daerah itu," tuturnya.

Isra menambahkan kepada koordinator unit kerja, kepala sekolah PAUD, SD, dan SMP, serta penyelenggara Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk meneruskan imbauan kepada seluruh pihak sesuai edaran yang diberikan.

Sedangkan kepada anak didik, kata dia, membawa dan memperbanyak minum air putih serta mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh meningkat.

“Perbanyak minum air putih serta mengonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap kondisi saat ini,” tandasnya.