Bagikan:

JAKARTA - Ketua Tim Hukum Nasional Anies Baswedan (THN ABW) Ari Yusuf Amir mengatakan lebih dari seribu advokat yang tergabung dalam simpul relawan akan ikut mengawal prosesi pendaftaran Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebagai calon peserta Pilpres 2024.

Para advokat tersebut akan kompak mengenakan toga sebagai simbol profesi. THN ABW, lanjut Ari, telah terbentuk di 30 provinsi dan 150 kabupaten dan kota dengan anggota mencapai 5.000 orang.

"THN ABW akan bekerja secara profesional demi tegaknya muruah pemilu dan demokrasi di Indonesia dalam melahirkan presiden dan wakil presiden pilihan rakyat yang legitimate," kata Ari dilansir ANTARA, Rabu, 18 Oktober.

Dalam mengawal kepentingan hukum Anies-Muhaimin, Ari mengatakan pihaknya siap bersinergi dengan para penyelenggara pemilu dan aparat penegak hukum, sekaligus untuk mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung jujur dan adil.

Kehadiran tim hukum pada pendaftaran Anies -Muhaimin itu bertujuan untuk mengajak seluruh elemen bangsa mengawal gelaran pesta demokrasi secara bermartabat.

"Kami hadir untuk memastikan seluruh tahapan dilakukan dengan prosedur hukum yang benar dan tidak akan menoleransi kecurangan sekecil apa pun, sebab yang dipertaruhkan dalam pemilu adalah kepentingan bangsa dan negara selama lima tahun ke depan," tambah Ari.

Dia juga mengajak semua pihak untuk merawat komitmen kebangsaan dalam mewujudkan negara hukum yang berkeadilan, yakni berorientasi pada pemenuhan kepentingan rakyat alih-alih kepentingan kekuasaan.

"Sebagaimana yang selalu dipedomani oleh ABW (Anies Baswedan) dalam kepemimpinannya dan dalam cermin kesehariannya," ujarnya.

Koalisi Perubahan, yang terdiri atas Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dijadwalkan mendaftarkan pasangan Anies-Muhaimin sebagai capres-cawapres Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta, Kamis (19/10), pukul 08.00 WIB.