Bagikan:

JAKARTA - Tren elektrifikasi yang kian cepat disambut baik oleh Chery, bahkan pabrikan asal China ini sudah memperkenalkan mobil listriknya yakni Omoda 5 EV beberapa waktu lalu pada ajang GIIAS 2023.

Dikabarkan bahwa Chery juga berencana untuk membangun model mobil listriknya di tanah air. Hal tersebut diungkapkan oleh Vice President Chery International, Shawn Xu.

Ia mengatakan pihaknya sangat bersemangat dengan pasar Indonesia dikarenakan populasinya yang besar, serta pemahaman sebuah teknologi sangat cepat.

"Untuk Omoda5 EV kami memperkirakan akan dilaksanakan pada awal tahun antara Januari atau Februari 2024,” kata Shawn Xu kepada awak media yang mengikuti gelaran Chery International Consumer Summit 2023 di Wuhu, China, seperti diberitakan Antara, Selasa, 17 Oktober.

Langkah tersebut dilakukan bukan tanpa sebab, melainkan untuk memberikan harga yang lebih terjangkau dan tak menutup kemungkinan sebagai strategi pasar ekspor.

“Lokalisasi sebesar 40 persen juga untuk bisa mendapatkan insentif pemerintah dan tidak hanya itu saja, kami juga berharap berbagai kendaraan yang dirakit di Indonesia juga dapat dikirim ke berbagai negara tujuan,” tambahnya.

Tak hanya merakit, Chery juga berencana mengembangkan pusat untuk Research and Development (R&D) di Indonesia sebagai kesungguhannya untuk pasar di Tanah Air.

Seperti diketahui, dikutip dari berbagai sumber bahwa Chery Omoda EV ini hadir dengan kapasitas jarak tempuh 450 km berdasarkan pengetesan World Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Sementara itu untuk kapasitas baterai 61 kWh dan diklaim memiliki tenaga maksimum 150 kW dengan torsi mencapai 340 Nm. Untuk akselerasinya dari posisi diam hingga 100 km/j diklaim hanya butuh waktu 7,8 detik.