Bagikan:

JAKARTA – Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menilai bahwa Relawan pro Jokowi (Projo) berniat tetap menjaga hubungan baik dengan PDI Perjuangan meski resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden 2024.

Menurutnya, hal itu terlihat dari deklarasi dukungan yang dilakukan di kediaman Prabowo, bukan di lokasi Rakernas ke-6 Projo di Indonesia Arena, GBK. Projo dianggap tidak ingin terlalu vulgar mengingat posisi mereka yang diidentikkan dengan Presiden Joko Widodo.

“Meski publik tahu bahwa Projo itu sangat identik dengan Jokowi, sepertinya mereka tak mau terlalu vulgar memberikan dukungan ke Prabowo karena bisa memanaskan situasi politik,” ujar Adi, Minggu 15 Oktober.

Terlebih, baik Jokowi maupun putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka sama-sama hadir di lokasi Rakernas Projo meski berbeda waktu kedatangan. Karena itu, Projo ingin menghindari tudingan bahwa dukungan kepada Prabowo merupakan bagian dari arahan Jokowi.

“Sepertinya karena ada Jokowi dan Gibran, Projo menghindari klaim semua atas seting dan arahan presiden. Di sisi lain, Projo juga sadar jika Jokowi juga harus menjaga hubungan baiknya dengan PDIP dan Ganjar Pranowo,” tutup Adi Prayitno.