Binance Perkenalkan Fitur Pencegahan Transaksi Tak Sengaja
- Binance, bursa kripto terkemuka, sedang memperluas alatnya untuk mencegah biaya perdagangan yang tidak perlu (foto: twitter @binance)

Bagikan:

JAKARTA - Binance, bursa kripto terkemuka, sedang memperluas alatnya untuk mencegah biaya perdagangan yang tidak perlu yang terkait dengan transaksi diri sendiri yang tidak disengaja.

Binance akan sepenuhnya meluncurkan fungsi Pencegahan Transaksi Diri (self-transaction prevention/STP) untuk semua pengguna perdagangan spot dan margin pada  26 Oktober, demikian diumumkan oleh perusahaan tersebut di blog-nya pada tanggal 11 Oktober.

Setelah integrasi, mode STP "expire maker" akan menjadi mode default untuk semua pasangan perdagangan dan pesanan di platform perdagangan spot dan margin Binance.

Setelah fitur STP aktif, pengguna dapat memeriksa pesanan apa yang telah kedaluwarsa karena fungsi STP di situs web resmi Binance, Aplikasi Binance, dan Aplikasi Desktop Binance melalui halaman riwayat transaksi, demikian disebutkan dalam pengumuman tersebut.

Diperkenalkan pada Januari 2023, fungsi STP Binance dirancang untuk menghentikan pelaksanaan suatu pesanan jika itu akan menghasilkan transaksi diri. Fungsi ini ditujukan kepada pedagang antarmuka pemrograman aplikasi (API), yang mengatur program khusus untuk menjalankan perdagangan secara otomatis dengan mesin perdagangan bursa.

Transaksi diri terjadi ketika pengguna API atau sekelompok pengguna terkait melakukan perdagangan dengan diri mereka sendiri, dengan sengaja atau tidak sengaja. STP memungkinkan pedagang API menghindari transaksi diri yang tidak disengaja, membantu pengguna mencegah biaya yang tidak perlu terkait dengan transaksi tersebut.

"Dengan STP, transaksi diri yang tidak disengaja bisa terjadi di pasar yang kompetitif. Misalnya, ketika pesanan dari unit perdagangan terpisah dari perusahaan yang sama, menggunakan UID unik yang sama, dengan strategi perdagangan yang tidak terkait, secara kebetulan memasang pesanan yang berdagang satu sama lain," kata Binance.

Sementara transaksi diri yang tidak disengaja ditangani melalui STP, transaksi diri yang disengaja dilarang di bursa. "Ketika transaksi diri dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan ilusi aktivitas perdagangan, itu dapat dianggap sebagai bentuk manipulasi pasar," tambah Binance.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Binance mengintegrasikan fitur STP untuk kontrak berjangka berdenominasi USD pada API pada Agustus 2023. "Fungsi STP adalah opsional dan hanya berlaku ketika pengguna mengaktifkannya," demikian ditegaskan oleh Binance.