Apa Itu KTT AIS Forum, Sejarah Terbentuknya di Manado dan 51 Negara Anggotanya
Apa itu KTT AIS Forum (ppsdmkebtke.esdm.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 sudah berdatangan di Bali. Pertemuan penting forum negara-negara pulau dan kepulauan tersebut berlangsung di Nusa Dua, Badung, Bali pada 10-11 Oktober 2023. Sebenarnya apa itu KTT AIS Forum?

KTT AIS Forum tahun ini membahas beberapa isu atau topik penting, yaitu implementasi ekonomi biru, adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, illegal fishing, hingga penanggulangan sampah laut. Pertemuan akbar ini mengusung tema Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future.

Sebagai forum internasional penting yang berfokus pada kelautan dan kemaritiman, masyarakat perlu tahu apa itu KTT AIS Forum dan negara anggotanya.

Apa Itu KTT AIS Forum

KTT AIS Forum merupakan wadah kerja sama sinergi antarnegara pulau dan kepulauan untuk memperkuat kolaborasi dalam mengatasi empat masalah global sektor kelautan dan kemaritiman. Forum ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan bagi negara-negara pulau dan kepulauan tanpa memandang wilayah, ukuran, dan tingkat pembangunan dari anggotanya.

KTT AIS Forum tahun 2023 berfokus dalam mengatasi beberapa permasalahan, yaitu mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut dan tata kelola maritim. Adanya forum ini diharapkan menjadi pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

Sejarah AIS Forum

Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. 

AIS Forum dibentuk secara resmi pada 1 November 2018 melalui Deklarasi Bersama Manado pada Pertemuan Tingkat Menteri pertama negara-negara peserta. Sebelumnya, gagasan pembentukan AIS Forum berawal dalam sebuah diskusi di Konferensi Kelautan 2017 atau Ocean Conference 2017 di New York, Amerika Serikat.

Setelah acara diskusi di AS tersebut, kemudian dilaksanakan konferensi lanjutan Forum Kepulauan dan Negara Kepulauan di Jakarta. Pemahaman dari negara-negara awal AIS itu kemudian yang mengantar forum ini resmi dibentuk. 

Apa yang Menjadi Fokus AIS Forum

Melansir dari laman aisforum.org, terdapat empat bidang kolaboratif yang menjadi fokus utama negara-negara anggota AIS Forum. Empat bidang tersebut yaitu:

  • Mitigasi dan adaptasi perubahan iklim
  • Ekonomi biru
  • Sampah plastik laut
  • Tata kelola maritim yang baik

Negara Anggota AIS Forum

Negara-negara yang masuk atau tergabung dalam AIS Forum diharapkan mampu berkolaborasi untuk menangani isu-isu pembangunan berkelanjutan. Isu yang perlu diatasi termasuk sumber daya laut untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, ketahanan terhadap perubahan iklim, polusi laut, manajemen darurat, dan peningkatan perikanan berkelanjutan.

Ada sebanyak 21 negara yang terlibat dalam pembentukan Forum AIS saat deklarasi 'Manado Joint'. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak negara yang berpartisipasi hingga anggota AIS Forum kini ada sebanyak 51 negara pulau dan kepulauan dari berbagai dunia. 

Berikut ini daftar 51 negara yang menjadi anggota AIS Forum: 

  1. Antigua and Barbuda
  2. Bahamas
  3. Bahrain
  4. Barbados
  5. Belize
  6. Cabo Verde
  7. Cook Islands
  8. Comoro Islands
  9. Cuba
  10. Cyprus
  11. Dominica
  12. Dominica Republic
  13. Federated States of Micronesia
  14. Fiji
  15. Grenada
  16. Guinea Bissau
  17. Guyana
  18. Haiti
  19. Iceland
  20. Indonesia
  21. Ireland
  22. Jamaica
  23. Japan
  24. Kiribati
  25. Madagascar
  26. Maldives
  27. Malta
  28. Marshall Islands
  29. Mauritius
  30. Nauru
  31. Niue
  32. New Zealand
  33. Palau
  34. Papua New Guinea
  35. Philippines
  36. Saint Kitts and Nevis
  37. Saint Lucia
  38. Saint Vincent and the Grenadines
  39. Samoa
  40. Sao Tome and Principe
  41. Seychelles
  42. Singapore
  43. Solomon Islands
  44. Sri Lanka
  45. Suriname
  46. Timor Leste
  47. Tonga
  48. Trinidad and Tobago
  49. Tuvalu
  50. United Kingdom
  51. Vanuatu

Demikianlah ulasan apa itu KTT AIS Forum, sejarah pembentukannya, dan daftar negara anggotanya. KTT AIS Forum tahun ini digelar di kawasan Nusa Dua, Bali, dengan beberapa venue. Dengan diadakannya pertemuan ini, diharapkan negara-negara dapat saling membantu dan menguntungkan di sektor kelautan dan kemaritiman.