Bukan Sepeda, Bobby Nasution Beri Hadiah Liburan ke Dufan dan Masjid Istiqlal Bagi Anak yang Jawab Rukun Iman
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kanan) memberi pertanyaan kepada seorang anak saat melakukan Safari Jumat di Masjid Umar Bin Khattab, Medan, Sumut, Jumat (6/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution memberi hadiah liburan berkunjung ke Masjid Istiqlal dan Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan rukun iman.

"Sebutkan rukun iman!," ucap Bobby kepada anak-anak ketika melaksanakan Safari Jumat di Masjid Umar Bin Khattab, Jalan Kalpataru, Medan, Sumut, dilansir ANTARA, Jumat, 8 Oktober.

Terlihat banyak anak tunjuk tangan ke atas ingin menjawab pertanyaan kedua ini, setelah pertanyaan pertama rukun Islam yang dijawab dengan benar oleh Habibi merupakan siswa Kelas IV SD di Medan Helvetia dan mendapat hadiah sepeda.

Wali kota meminta seorang anak terpilih untuk menjawab dengan memperkenalkan diri kepada para jamaah Masjid Umar Bin Khattab.

"Nama saya Zafran Khairi, sekolah di SD 53 Kelas IV," sebutnya.

"Apa cita-citanya?," tanya Bobby. "Jadi pilot," jawab Khairi seketika.

Mendengar jawaban itu, Bobby memberikan pilihan hadiah kepada Khairi apabila berhasil menyebut enam rukun iman dengan benar.

"Kalau bisa jawab boleh pilih hadiah sepeda atau naik pesawat ke Jakarta, berkunjung ke Masjid Istiqlal dan jalan-jalan ke Dufan," katanya.

Khairi lantas mengangguk-angguk kepalanya. Rukun iman pertama sampai kelima dapat disebutkan dengan lancar. Namun, anak yang datang bersama neneknya ke Safari Jumat itu tersendat pada rukun iman keenam.

Wali kota pun memberi kesempatan Khairi untuk meminta pertolongan kepada teman-teman dan Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Umar Bin Khattab Ustad H Rajuddin Sagala.

Akhirnya setelah mengulang beberapa kali, Khairi berhasil menyebutkan keenam rukun iman, yakni percaya kepada Allah, nabi dan rasul, malaikat, kitab, hari kiamat, serta qada dan qadar.

Wali kota kembali bertanya kepada Khairi. "Mau sepeda atau jalan-jalan naik pesawat ke Jakarta, ke Masjid Istiqlal, ke Dufan dan boleh bawa tiga orang?".

Khairi terlihat kebingungan menjawab pertanyaan wali kota itu. "Tanya dulu ke nenek. Datangi sana," saran Bobby.

Dengan cepat bocah itu menghampiri sang nenek yang duduk bersama ibu-ibu pengajian. Kedua tampak berbisik-bisik beberapa detik, dan

Khairi kembali ke depan mengatakan dia memilih jalan-jalan naik pesawat ke Jakarta.

Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan pertanyaan ini setelah menyerahkan bantuan Pemkot Medan sebesar Rp50 juta bagi renovasi masjid, bantuan sosial Rp10 juta, satu set tenis meja dan rak buku, akte pendirian koperasi, gerobak dan steling, selain bantuan pribadi kepada BKM Umar Bin Khattab.

Wali kota pun mencatat pilihan bocah beruntung itu. "Khairi dan tiga pendampingnya akan berangkat ke Jakarta saat libur sekolah," jelas Bobby.