Kementerian PUPR Tingkatkan Infrastruktur Jalan Dukung KSPN Danau Toba
Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Sumatera Utara, Rabu (4/10/2023). ANTARA/Aji Cakti

Bagikan:

MEDAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) meningkatkan infrastruktur konektivitas jalan non-tol dalam rangka meningkatkan akses konektivitas ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN Danau Toba, Sumatera Utara.

"Beberapa yang sudah ditingkatkan oleh Kementerian PUPR untuk akses ini, pertama ada jalan lingkar Parapat yang bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas agar moda transportasi wisata dan logistik dapat terpisah atau tidak tercampur," ujar Subkoordinator Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I BPIW Fransisco Manalu di Kota Tebing Tinggi dikutip ANTARA, Rabu, 4 Oktober.

Kementerian PUPR juga membangun jalan Balige Bypass yang dapat menjadi jalan bypass bagi angkutan logistik.

Jalan bypass sepanjang 9,8 km ini merupakan jalur alternatif bagi wisatawan dari dan/atau menuju Silangit - Parapat supaya tidak perlu masuk dalam Kota Balige, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar, kondisi jalan dalam kota lebih awet tidak dilintasi kendaraan besar, sekaligus dapat menekan angka kecelakaan.

Di samping itu jalan bypass ini mendukung konektivitas ke beberapa Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

"Kita juga sudah membangun jalan Aek Natolu Ajibata untuk mengurai lalu lintas di jalan Parapat dan jalur alternatif, mendukung daerah otoritatifnya Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) yakni Kaldera Toba," kata Fransisco.

Kementerian PUPR juga meningkatkan kemantapan akses jalan dari bandara sampai dengan kawasan-kawasan wisata utama di sekitar Danau Toba dalam rangka membuat nyaman dan aman wisatawan.

Sebagai informasi, dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan kualitas jalan dan akses menuju Danau Toba.

Ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi mantap akan memudahkan wisatawan mencapai lokasi-lokasi wisata di sekitar Danau Toba.