LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Pengguna KRL Commuter Ikut Meningkat
Ilustrasi pengguna KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Terjadi peningkatan jumlah pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek pada bulan September 2023. Bertambahnya jumlah penumpang KRL terjadi usai LRT Jabodebek resmi beroperasi sejak Agustus 2023.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menuturkan pada bulan September 2023, rata-rata pengguna pada hari kerja sebanyak 905.845 orang per hari. Volume tertinggi tercatat pada Rabu, 27 September yang mencapai sebanyak 952.595 orang.

"Jika dibanding dengan rata-rata volume pengguna di hari kerja bulan Agustus 2023 kemarin, terjadi kenaikan sebesar 3,55 persen atau rata-rata volume pengguna di angka 874.754 orang per hari," kata Anne dalam keterangannya, Rabu, 4 Oktober.

Anne menuturkan, tren kenaikan jumlah pengguna KRL tercatat berada di stasiun-stasiun Commuter Line yang terintegrasi dengan stasiun LRT.

Di Stasiun Commuter Line Sudirman yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Dukuh Atas, sepanjang September kemarin tercatat rata-rata pengguna yang naik di stasiun tersebut berjumlah 36.190 orang per harinya.

"Angka tersebut lebih besar 32,29 persen jika dibanding rata-rata volume pengguna yang naik pada bulan Agustus lalu yaitu sebanyak 27.356 orang per hari," ungkap dia.

Kemudian, Stasiun Commuter Line Cawang yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Cikoko juga mengalami tren kenaikan. Pada bulan September 2023 rata-rata pengguna KRL yang naik di stasiun tersebut sebanyak 17.200 orang per hari atau lebih tinggi 14,75 persen jika dibanding rata-rata bulan Agustus 2023 yaitu 14.989 orang per hari.

Anne melanjutkan, stasiun-stasiun Commuter Line Jabodetabek juga terintegrasi dengan intermoda yaitu dengan perjalanan kereta jarak jauh seperti yang berada di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Rangkasbitung.

"Dengan begitu, diharapkan ke depannya semakin banyak masyarakat yang beralih ke transportasi publik dalam melakukan mobilisasi," imbuhnya.