Kariko dan Weissman Raih Nobel Kedokteran Atas Temuan Vaksin COVID-19
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Katalin Kariko dan Drew Weissman dianugerahi penghargaan Nobel 2023 dalam Fisiologi atau Kedokteran atas penemuan mereka yang memberikan dunia vaksin melawan pandemi COVID-19.

"Atas penemuan mereka mengenai modifikasi basa nukleosida yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA yang efektif melawan COVID-19," kata Thomas Pertmann, Sekretaris Majelis Nobel di Swedia dilansir dari Anadolu via Antara, Senin, 2 Oktober. 

Kariko, seorang ahli biokimia berdarah Hongaria-Amerika lahir pada 1955 dan mengkhususkan diri dalam mekanisme yang dimediasi RNA.

Penelitiannya adalah pengembangan mRNA yang ditranskripsi secara in vitro (dilakukan di laboratorium) untuk terapi protein.

Sementara, Weissman adalah seorang dokter-ilmuwan Amerika, yang lahir pada 1959, dan terkenal atas kontribusinya pada biologi RNA. Hasil kerjanya membantu memungkinkan pengembangan vaksin mRNA.

Nobel Kedokteran itu merupakan hadiah Nobel pertama yang diberikan tahun ini, dan pengumuman lebih lanjut akan dilakukan dalam minggu ini.