Jadwal, Tarif dan Rute KA Ekonomi New Generation yang Dirangkaikan ke Kereta Jayabaya
Ilustrasi Kereta Ekonomi New Generation (Foto: Antara HO/KAI Daop 8 Surabaya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation yang dirangkaikan pada KA Jayabaya relasi Pasar Senen – Malang pp. Peluncuran layanan ini dilakukan di Stasiun Pasar Senen pada Selasa, 26 September 2023. Simak informasi tentang jadwal, tarif dan rute KA Ekonomi New Generation

Jadwal KA Ekonomi New Generation

Telah disinggung di atas bahwa Kereta Ekonomi New Generation masih dirangkaikan pada kereta api Jayabaya. Artinya, jadwal KA Ekonomi New Generation akan mengikuti jadwal perjalanan KA Jayabaya.

Adapun jadwal perjalanan kereta Jayabaya relasi Pasar Senen – Malang yakni berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 17.25 dan tiba di Malang pukul 06.20.

Untuk relasi Malang – Pasar Senen, berangkat dari Stasiun Malang pukul 12.30 dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 01.38.

Tarif dan Rute KA Ekonomi New Generation

Tarif atau harga tiket Kereta Ekonomi New Generation dimulai dari Rp320 ribu per penumpang.

Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia, Hadis Surya Palapa menyampaikan bahwa pihaknya secara konsisten berusaha untuk memenuhi harapan masyarakat dengan meningkatkan tingkat kenyamanan di kereta api.

“Kami melakukan peningkatan sarana dari kereta ekonomi yang sudah beroperasi sebelumnya. Hal ini akan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik, jauh lebih nyaman bagi penumpang. Dari segi perusahaan, inisiatif ini memperlihatkan kemampuan dan kontribusi KAI dalam industri kereta api di Indonesia,” tutur Hadis dalam acara peluncuran Kereta Ekonomi New Generation.   

Kelas ekonomi yang sebelumnya dapat mengangkut 106 penumpang dalam satu gerbong dengan susunan kursi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, akan diganti secara bertahap dan diganti menjadi kereta ekonomi dengan kapasitas 72 penumpang, dengan susunan kursi 2-2, dan tidak lagi saling berhadapan.

Perubahan ini akan memberikan ruang kaki yang lebih lega. Selain itu, jenis kursi yang dijejalkan pada gerbong Kereta Ekonomi New Generation adalah tipe captain seat yang membuat penumpang lebih nyaman saat bersandar.

Kursi ini bisa diatur kemiringannya dan disesuaikan dengan arah laju kereta atau menghadap ke depan.

“Kami sangat memperhatikan umpan balik dari pelanggan. Bagi penumpang yang melakukan perjalanan jarak jauh dalam posisi duduk tegak lurus, atau bahkan saling berhadapan, kenyamanan mereka jauh dari kata memuaskan. Oleh karena itu, kami melakukan perbaikan bertahap,”ujar Hadis.

Adapun rute KA Ekonomi New Generation yang dirangkaikan pada kereta api Jayabaya relasi Pasar Senen – Malang pp, yakni Pasar Senen – Bekasi – Karawang – Cikampek – Haurgeulis – Jatibarang – Cirebon – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Weleri – Semarang Poncol – Ngrombo – Randublatung – Cepu – Bojonegoro – Babat – Lamongan – Surabaya Pasar Turi – Surabaya Gubeng – Sidoarjo – Bangil – Lawang – Malang.

Lama perjalanan KA Ekonomi New Generation yakni 13 jam 45 menit.

Demikian informasi tentang tarif dan rute KA Ekonomi New Generation. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.