Menpora Dito Dukung Kormi Bawa Olahraga Masyarakat Indonesia Mendunia
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendukung olahraga masyarakat Indonesia mendunia. Dukungan ini disampaikan saat audiensi dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) di lantai 10 Graha Kemenpora, Jumat 11 Agustus sore.

Dipimpin Ketua Umum Kormi Nasional Hayono Isman, audiensi tersebut guna melaporkan agenda Kongres The Association For International Sport for All (TAFISA) yang akan digelar di Dusseldorf Jerman, tanggal 1 sampai 5 November 2023. TAFISA adalah organisasi olahraga masyarakat tingkat internasional, tingkat dunia, yang berkedudukan Frankfurt, Jerman, yang menyelenggarakan kongres dunia setiap dua tahun sekali.

Kormi mengharapkan dukungan Menpora RI untuk hadir dalam kongres tersebut, menyampaikan pidato perihal arah garis besar perkembangan olahraga masyarakat Indonesia. Selain itu terdapat pula serangkaian agenda yang dengan kehadiran Menpora, harapannya Indonesia bisa memiliki porsi peran yang signifikan.

Menpora Dito menyatakan olahraga masyarakat ini sudah saatnya diekspos ke arena kongres tertinggi tingkat dunia, yang akan dihadiri hampir 100 negara tersebut. "Nanti bisa disampaikan kepada kami apa saja yang dibutuhkan untuk Kongres TAFISA," tutur Menpora Dito.

Wakil Ketua Umum Kormi Nasional Semuel Samson menyatakan, kehadiran Menpora merupakan bagian dari mengekspos kekuatan potensi olahraga masyarakat yang dimiliki Indonesia. Menunjukkan bahwa perkembangan olahraga masyarakat kita sangat luar biasa.

Hal ini bisa dilihat melalui penyelenggaraan Festival Olahraga Masyarakat (Fornas), yang terbaru di Bandung Jawa Barat, yang diikuti 23 ribu pegiat olahraga masyarakat. Daerah-daerah yang terkonsolidasi sudah mencapai 38 provinsi, dengan jumlah induk organisasi olahraga (Inorga) yang berhimpun di Kormi mencapai 85.

"Kami akan mengundang juga teman-teman Inorga karena mereka sangat bergiat luar biasa. Juga teman-teman Kormi daerah, salah satunya tuan rumah Fornas 8 di NTB tahun 2025. Supaya paling tidak penyelenggaraan Fornas dua edisi terakhir yang sangat luar biasa ini mendapat eksposure lebih lanjut," papar Semuel.

"Apalagi tema Fornas 8 di NTB yaitu tentang sport tourism, di mana keberadaan olahraga merupakan bagian dari perkembangan ekonomi," imbuh Semuel.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri (HLN) Kormi Nasional Diar Nurbintoro menerangkan kehadiran pejabat tinggi memperlihatkan pada TAFISA bahwa kiprah olahraga masyarakat Indonesia sudah makin tinggi. Dengan hadirnya Menteri, hal-hal yang terkait dengan apa yang ada di Indonesia akan bisa disampaikan pada kongres tersebut.

"Sehingga Indonesia makin diperhitungkan dalam kongres TAFISA. Untuk itu kami akan siapkan semua keperluan dan beberapa kegiatan side event di kongres TAFISA itu untuk memperlihatkan keseriusan dan keberadaan Indonesia di olahraga masyarakat di tingkat internasional," urai Diar.