Puan ke Ketum PSI Kaesang Pangarep: Ayo Mas Ikut PDI Perjuangan Saja <i>Yuk</i>
Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Jakarta, Selasa (5/9/2023). (ANTARA/HO-DPR RI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengajak Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendukung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan menanggapi kemungkinan terjalinnya kerja sama dengan PSI untuk mendukung Ganjar. Puan bilang, PDIP terbuka bagi partai manapun.

"Kami akan selalu bersilaturahmi namun memang sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam merangkul kemudian memenangkan capresnya," kata Puan kepada wartawan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 26 September.

"Jadi, ayo, Mas Kaesang, ikut PDI Perjuangan saja yuk," sambungnya.

Lebih lanjut, Puan tak mau banyak berspekulasi soal terpilihnya Kaesang sebagai ketua umum. Dia ogah menilai langkah ini sebagai penanda manuver Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendukung Prabowo.

Diketahui, partai berlambang mawar tersebut memang mesra dengan Koalisi Indonesia Maju yang mendukung Prabowo Subianto. Tapi, PSI belum memberikan dukungan secara resmi kepada Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut.

"Manuver apa, siapa yang menganggap? Saya enggak, biasa saja," tegas Ketua DPR RI itu.

Alih-alih menyebut manuver, Puan lebih memilih memberikan selamat kepada Kaesang. "Semoga amanah dan bisa bekerja dengan baik sebagai ketua umum," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, politikus PDIP Deddy Yevry Sitorus juga memberikan selamat kepada Kaesang setelah menjadi Ketua Umum PSI. Ia juga sempat menyinggung partai itu hebat.

"Saya kira selama buat Mas Kaesang sebagai ketua umum. Itu menunjukkan betapa hebatnya PSI bisa memilih pemimpin partai dari anak muda yang sudah matang, jam terbangnya tinggi," kata Deddy kepada wartawan di Jakarta yang dikutip Selasa, 26 September.

Sementara itu, Kaesang mengaku pengangkatannya sebagai pimpinan partai bisa terjadi berkat status istimewanya sebagai putra Presiden Joko Widodo. Pernyataan ini disampaikan Kaesang usai acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI yang menetapkan dirinya sebagai ketua umum.

"Ya, privilese. Privilese selalu ada. Sudah, gitu aja. Saya mengiyakan," kata Kaesang di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin, 25 September.

Ia mengaku keputusannya terjun ke dunia politik terinspirasi dari jejak sang ayah. Dia merasa mampu karena melihat rekam jejak Jokowi yang berangkat dari jabatan Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden dengan dukungan PDIP.

Kaesang juga sudah bicara dengan Jokowi saat akan bergabung dengan PSI. “Izin saya mau menempuh jalan saya, pak. Semoga Gusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih ini,” ungkapnya.