Jabat Ketum PSI, Kaesang Tak Masalah Jika Gagal Diusung Cawalkot Depok
Baliho Kaesang calon Walikota Depok di Jalan Margoda (@psi_id)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bicara soal peluang dirinya diusung sebagai calon wali kota Depok dalam Pilkada 2024 setelah mengemban tugas memimpin partai.

Kaesang menegaskan, fokus utamanya saat ini adalah meloloskan PSI ke Senayan dengan perolehan suara partai di atas ambang batas parlemen 4 persen dalam Pemilu Legislatif 2024.

Mengingat, pada 2019 lalu, caleg-caleg PSI gagal lolos ke parlemen DPR RI karena perolehan suaranya hanya 2 persen. Hal ini diungkapkan Kaesang usai acara Kopdarnas PSI pada Senin, 25 September malam.

"Sekarang saya fokusnya untuk memenangkan PSI di Pemilu 2024," kata Kaesang di Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Kaesang pun tak menutup peluang PSI batal mengusung dirinya sebagai cawalkot Depok jika terjadi perubahan dinamika politik ke depan.

Menurut Kaesang, bisa saja PSI mengusung tokoh lain dalam Pilkada 2024 di Kota Depok meskipun telah menggadang-gadangnya dalam beberapa waktu terakhir.

"Nanti di Pilkada, mungkin kalau bukan saya, ya kita cari tokoh nasional lain yang memang punya kapabilitas untuk berjuang dan membuat Depok untuk jauh lebih baik," urai Kaesang.

Kaesang resmi diangkat sebagai Ketua Umum PSI periode 2023-2028 menggantikan Giring Ganesha setelah beberapa hari masuk partai. Selain peresmian Kaesang sebagai Ketua Umum, PSI juga mengangkat Giring Ganesha dan Isyana Bagoes Oka menjadi Anggota Dewan Pembina PSI.

Kemudian, Jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI kini kembali diisi oleh Raja Juli Antoni. Raja Juli sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Sekjen PSI sebelum kemudian menjadi Sekretaris Dewan Pembina PSI.