Bagikan:

JAKARTA - Pegiat media sosial Yusuf Muhammad menyentil bakal calon presiden Anies Baswedan. Menurutnya, Anies tengah mainkan drama menjadi bacapres termiskin. 

Sindiran Yusuf merespons aksi Anies yang dibonceng menggunakan motor ke gedung Baintelkam Polri, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin, 25 September. 

Anies datang untuk mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai persiapan pendaftaran Pilpres 2024. Anies tiba sekitar pukul 11.40 WIB diantar dengan sepeda motor.

"Ngurus SKCK naik motor! Saat kampanye naik jet pribadi. Cicilan rumah belum lunas dan masih banyak utang. Drama capres termiskin....," kata Yusuf di laman X (Twitter) @yusuf_dumdum, dikutip Senin, 25 September siang.

Sebelumnya, Anies Baswedan pernah disorot karena menggunakan jet pribadi ketika berkunjung ke sejumlah daerah. Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya membela Anies terkait penggunaan jet pribadi ini. 

Menurutnya, bacapres yang diusung NasDem ini tak ingin membebankan fasilitas yang diperuntukkan untuk masyarakat umum. Lagipula bagus adanya bila ada seseorang memberi keluasan rezeki kemudian memfasilitasi Anies dengan private jet.

Hal ini bertujuan agar tidak merepotkan fasilitas umum untuk banyak orang. Sebaliknya, menurut dia, adalah culas seseorang yang menggunakan fasilitas umum demi aktivitas kelompok apalagi pribadinya.

Selain jet pribadi, Anies juga mengaku masih mencicil untuk rumah yang ditempatinya. Hal ini disampaikan Anies di hadapan Najwa Shihab saat di Universitas Gadjah Mada. Awalnya, Najwa Shihab bilang Anies merupakan Bacapres termiskin dari dua bacapres lain, Ganjar Pranowo dan Praboow Subinato. 

Jumlah kekayaan ketiga bacapres ini dilihat dari e-LHPKN. Anies dan Ganjar terkendala belum memiliki aset berupa rumah.

"Ini laporan terakhir di 2023 dan mohon maaf Mas Anies, Anda bacapres paling miskin. Kekayaan Anda Rp11,19 miliar," kata Najwa.

"Sebentar, utangnya berapa? Dari Rp11 miliar mayoritas bentuknya utang, karena saya masih kredit rumah sampai sekarang," timpal Anies, dikutip pada Sabtu, 23 September.