Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PAN Saleh, Partaonan Daulay meminta publik menghormati keputusan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep yang telah resmi bergabung menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Menurut Saleh, setiap warga negara berhak terafiliasi dengan salah satu parpol.

"Kaesang adalah warga negara Indonesia, karena itu setiap warga negara berhak menentukan pilihan politiknya, berhak untuk terafiliasi dengan salah satu parpol. Pilihan politik itu adalah bagian dari kebebasan kita di alam demokrasi," kata Saleh dalam keterangannya, Minggu 24 September.

"Karena itu kalau Kaesang menentukan pilihan bergabung dengan PSI, maka semua pihak harus menghormatinya dan kami juga dari PAN tentu menghormati pilihan itu," kata Saleh menambahkan.

Saleh mengatakan masyarakat termasuk PAN tidak bisa mendikte pilihan politik Kaesang. Hal tersebut, tutur dia, bukan karena Kaesang merupakan anak presiden, tetapi lebih karena Kaesang merupakan warga negara yang memiliki hak politik.

"Kami tidak bisa mendikte kepada Kaesang. Bukan karena dia anaknya presiden, tetapi karena warga negara, jadi warga negara itu berhak mengambil sikap politiknya terkait pilihan-pilihan yang ada," tandas dia.

Saleh juga menilai Kaesang sudah mempelajari secara matang untuk bergabung PSI. Apa lagi, kabar bergabungnya Kaesang dengan PSI sudah berembus selama sepekan terakhir, yang membuat Kaesang tentunya sudah memiliki waktu sebelum memutuskan langkahnya.

"Kaesang pasti sudah melakukan kajian mendalam, untuk itu kita menghormati pilihan yang ada. Mudahan-mudahan bisa berkarya dari dunia politik di PSI," pungkas Saleh.

Diketahui, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, secara resmi telah bergabung dengan PSI. Kepastian keanggotaan ini ditandai dengan penyerahan friendship card atau kartu tanda anggota (KTA) partai kepada Kaesang oleh Ketua Umum PSI, Giring Ganesha, di depan kediaman pribadi Presiden Jokowi di Jalan Kutai Utara Nomor 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu kemarin.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menyatakan kebahagiaannya atas bergabungnya Kaesang dengan partai ini. Identitas Mawar, yang sempat menjadi perdebatan, akhirnya terungkap sebagai Kaesang Pangarep.

"Jadi hari ini adalah hari yang berbahagia karena akhirnya Mawar, yang ditanyakan oleh teman-teman media selama ini, secara langsung memperkenalkan dirinya," ujar Grace setelah pertemuan tertutup dengan Kaesang di kediaman Presiden Jokowi.