Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melakukan pemadaman lampu pada sejumlah gedung pemerintahan, lampu di ruas jalan protokol, hingga titik-titik simbol Kota Jakarta pada Sabtu, 23 September 2023.

Pemadaman lampu hari lalu dilakukan selama satu jam, mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB. Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menuturkan, pemadaman lampu ini menghemat konsumsi listrik dengan nilai Rp146,9 juta.

"Penghematan materiil realisasi Hari Bumi 2023 tanggal 23 September 2023 sebesar Rp146.971.919 atau 102 MWh x Rp1.444.70/KWh," kata Asep dalam keterangannya, Minggu, 24 September.

Kemudian, terdapat penghematan konsumsi listrik sebesar 102 MWh. Data ini merupakan selisih beban listrik sepekan lalu, yakni 16 September pukul 20.30-21.30 WIB.

"Juga ada penurunan emisi karbon CO2 sebesar 86,47 ton," ucap Asep.

Lebih lanjut, Asep menjeaskan bahwa pemadaman lampu pada 23 September lalu merupakan Komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan upaya penghematan energi dan pengurangan emisi karbon di wilayah Jakarta.

Pemadaman pada bangunan milik Pemprov DKI dilakukan di seluruh kantor Pemprov DKI Jakarta kecuali rumah sakit, puskemas, klinik, dan lainnya.

Pemadaman pada simbol Kota Jakarta di Gedung Balai Kota, Area Monumen Nasional, Area Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran Hotel Indonesia, Patung Pemuda, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman.

Lalu, pemadaman lampu jalan protokol dan arteri di Jakarta Pusat dilakukan di Jl. Sudirman (Dukuh Atas - Gedung Sampoerna Strategis), Jalan MH. Thamrin, Seputar Jalan Medan Merdeka (Kecuali Medan Merdeka Utara depan Istana Presiden, Jalann Gerbang Pemuda - Jalan Asia Afrika, Halaman Kantor Balaikota, Kantor Walikota Jakarta Pusat.

Pada Jakarta Utara, pemadaman lampu jalan di Jalan Yos Sudarso, Komplek Kantor Walikota Jakarta Utara dan Perintis Kemerdekaan. Selanjutnya, Jakarta Timur di Jalan Dr. Sumarno, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Komplek Kantor Walikota Jakarta Timur.

Di Jakarta Barat, pemadaman dilakukan di Jalan Daan Mogot dan Jl. Kembangan Raya (depan Kantor Walikota Jakarta Barat), dan Komplek Kantor Walikota Jakarta Barat.

Di Jakarta Selatan berada di Jalan Prapanca Raya, Jalan Gerbang Pemuda - Jalan Asia Afrikas, Jalan Sudirman (Gedung Sampoerna Strategis - Patung Pemuda), dan Jalan Rasuna Said.