Wali Kota Serang Bersihkan Tumpukan Sampah di Aliran Sungai Cibanten
Wali Kota Serang Syafrudin bersama dengan TNI, Dinas terkait hingga masyarakat bersama-sama membersihkan tumpukan sampah dialiran sungai Cibanten/ANTARA/Dokumen Pemkot Serang)

Bagikan:

SERANG - Wali Kota Serang Syafrudin bersama dengan TNI, dinas terkait dan masyarakat bersama-sama membersihkan tumpukan sampah di aliran Sungai Cibanten, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten

Syafrudin mengatakan penumpukan sampah ini terjadi selain ulah masyarakat yang membuang sampah di sungai dan sampah yang berasal dari berbagai wilayah sekitar yang terbawa hingga ke Sungai Cibanten.

"Sampah ini indikasinya dari masyarakat, paling banyak itu dari masyarakat yang terdekat terutama yang tempat tinggalnya dekat dengan aliran sungai," katanya dikutip ANTARA, Sabtu, 23 September.

Syafrudin berharap kebiasaan masyarakat membuang sampah di bantaran sungai bisa dihentikan agar penumpukan sampah seperti saat ini tidak kembali terjadi yang dimungkinkan akan mengakibatkan banjir. 

"Harapan saya terutama masyarakat Kota Serang tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuang sampah di kali agar sampah tidak menumpuk, air mengalir dan tidak banjir," katanya.

Selain itu, wali kota menjelaskan aliran sungai ini mengalir terus hingga mengairi persawahan.

"Kalau banyak sampah seperti ini, airnya tidak mengalir dan berdampak negatif bagi masyarakat," katanya

Sebelumnya, masyarakat mengeluhkan penumpukan sampah yang menumpuk di bawah jembatan Kidemang, karena bau sampah yang menyengat didominasi oleh sampah-sampah rumah tangga berbahan plastik yang sulit terurai