Usai Dilantik, Pj Bupati Tanah Laut Kalsel Prioritaskan Bantuan Air Bersih ke Warga Terdampak Kekeringan
Petugas BPBD Kalsel berupaya memadamkan api karhutla di area ring satu Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalsel, Rabu 21 Juni 2023. (ANTARA-Bayu Pratama S).

Bagikan:

KALSEL - Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman telah memetakan wilayahnya yang selama beberapa bulan terakhir mengalami kekeringan imbas kemarau panjang. Fokus utama penanganan masih pada menyiapkan air bersih untuk disalurkan.

"Prioritasnya nanti adalah bagaimana menyiapkan air bersih, terutama di daerah seperti Takisung, Panyipatan, maupun Kurau," ujar Syamsir usai dilantik Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor di Banjarbaru, Rabu 20 September, disitat Antara.

Bagi Syamsir, menyikapi kondisi kekeringan bukan lagi harus dimulai dari adaptasi, namun Pemerintah Kabupaten Tanah Laut harus menangani secara berkelanjutan.

“Saya tidak bisa sendirian berlari. Makanya, dibantu Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Laut," imbuhnya.

Dalam waktu dekat Syamsir juga mengungkapkan segera bertemu dengan seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), termasuk unsur Forkopimda setempat.

"Besok kita mengadakan pertemuan di acara coffee morning," ujar Syamsir Rahman.

Dia mengakui sudah menyiapkan berbagai langkah dalam 30 hari pertama sejak menjabat menjadi Pj Bupati Tanah Laut, termasuk memberikan arahan kepada SKPD.

Saat ini kekeringan menjadi masalah besar di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Tanah Laut. Terlebih Tanah Laut juga dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan ancaman gagal panen akibat kekeringan.