Bagikan:

JAKARTA - Komisi II DPR RI akan menggelar rapat konsultasi pembahasan RPKPU pendaftaran peserta Pilpres 2024 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada sore ini. Komisi II ingin tahu alasan KPU memajukan jadwal pendaftaran capres dan cawapres.

"Komisi II akan melakukan RDP dengan KPU, kita akan dengarkan alasan KPU mengusulkan dimajukannya masa pendaftaran capres. Kalau mau ubah PKPU kan harus dibahas bersama," ujar anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus kepada wartawan, Rabu, 20 September.  

Selain usulan perubahan jadwal pendaftaran, Guspardi juga ingin tahu sejauh mana kesiapan KPU untuk menyelenggarakan proses tersebut.

"Kita lihat juga kesiapan KPU karena kan mereka yang mengusulkan," katanya.

Guspardi menilai, pihaknya akan mendukung apabila percepatan pendaftaran peserta pilpres memiliki nilai positif. Menurutnya, tidak ada salahnya waktu pendaftaran dibuat maju.

"Jika banyak nilai positif yang didapatkan dari percepatan pelaksanaan daripada pendaftaran, kenapa tidak kita akan mendukung untuk dilakukan percepatan itu?," ucapnya.

Untuk diketahui, rapat konsultasi terkait PKPU dan Perbawaslu akan digelar pukul 16.00 WIB. Dilanjutkan dengan rapat kerja bersama Mendagri, KPU, Bawaslu terkait Perppu Pilkada pukul 19.00 WIB.