Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 memberikan dampak luar biasa di kehidupan masyarakat. Tak terkecuali pelaku usaha mikro, kecil dan Menengah (UMKM) yang banyak mengalami penurunan pendapatan maupun kehilangan usahanya. 

Untuk membantu hal tersebut, Organisasi non profit Habitat for Humanity Indonesia dan FiberCreme menggelar pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat dan pelaku usaha mikro terdampak pandemi. Mulai dari pengolahan makanan dan minuman serta pemasaran melalaui jejaring online. 

"Pelatihan diikuti oleh 200 orang peserta hasil seleksi. Seluruh tahapan pelatihan dari pendaftaran, seleksi peserta dan pelatihan kewirausahaan tersebut diadakan secara daring sejak tanggal 15 September 2020 dan berakhir tanggal 20 Januari 2021," kata Head of Goverment Relations and Assets Management PT Lautan Luas Tbk Ridwan Adipoetra dalam keterangannya.

Peserta pelatihan kewirausahaan FiberCreme

Ridwan berharap dengan pelatihan yang diberikan menjadi modal dan inspirasi bagi peserta yang terdampak pandemi untuk dapat memproduksi makanan yang enak bisa sehat dengan bahan yang sederhana.

"Semoga akan tercipta pengusaha-pengusaha baru di bidang makanan dan minuman, dan kami berharap pelatihan ini terus berlanjut sehingga dapat memberikan hasil dan manfaat yang terus meningkat," ucapnya.

Sementara, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto, mengatakan acara Pelatihan Kewirausahaan ini diharapkan tidak hanya menolong masyarakat untuk bertahan di masa pandemi tetapi pelatihan ini menjadi bekal bagi mereka untuk berjuang secara mandiri. Selain itu juga memenuhi kebutuhan hidup sebagai wirausaha yang dapat mendukung kesejahteraan keluarga.

"Semoga melalui pelatihan ini keluarga yang dibantu terus berinovasi dengan skill baru yang diterima dan berkembang menuju hidup yang semakin baik ke depannya,” ujarnya.

Dari 200 orang yang diseleksi, terpilih 3 orang orang pemenang dan 7 juara harapan. Nantinya para pemenang pelatihan ini akan mendapatkan bantuan modal untuk mengaplikasikan ilmu yang diterima melalui kompetisi penjualan.

Pada sesi pengumuman pemenang, hadir Brand Ambassador FiberCreme, Dian Sastrowardoyo dan Pakar Kuliner Indonesia yakni William Wongso. Keduanya memberikan motivasi untuk para peserta dalam mengembangkan bisnis usaha mereka di tengah masa pandemi. 

"Dalam bisnis kuliner yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, pemilihan bahan yang baik, tekun, serta konsisten dalam melakukannya. Selalu berinovasi juga penting untuk mengembangkan kualitas," kata William Wongso.

Berikut para pemenang yang telah mengikuti pelatihan kewirausahaan dari FiberCreme dan Habitat for Humanity Indonesia:

Juara 1: Rahma Wati (akun GrabFood: Nyow Dessert - Ciomas Rahayu)

Juara 2: Ari Kartikasari (akun GrabFood: Boutique A - Gandul)

Juara 3: Eska Kristie Anggrainy (akun GrabFood: Sapilemu)

Pemenang pelatihan kewirausahaan dari FiberCreme

7 besar Juara Harapan:

  • Wirasti (akun GrabFood: Wian's Food - Pondok Kopi)
  • Idaman (akun GrabFood: Beliin Saja - Cisaranten Kulon)
  • Irma Destianti Sofyan (akun GrabFood: Dapur Umima)
  • Anastasia Dai (akun GrabFood: Cemara Cathering - Jatirangga)
  • Mercy Sebayang (akun GrabFood: Ngayam By Machi Kitchen 19 - Pekayon)
  • Retno Asmiah Roro Ireng (akun GrabFood: Dapur Pinarak - Tirtonirmolo)
  • Rolanti Sagala (akun GrabFood: Dapur Davka)