Lepas dari Menparekeraf dan Balik Lagi Jadi Komisaris Tokopedia, Wishnutama: Saya Senang
Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. (Foto: Dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio kembali ke "pekerjaan lamanya". Ya, ia kembali ditunjuk sebagai komisaris salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Sebelum menjabat sebagai Menparekraf, Wishnutama, memang pernah menjabat sebagai komisaris Tokopedia. Ia kemudian mengundurkan diri pada tanggal 21 Oktober 2019, atau begitu dirinya didapuk menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala itu.

Dan pada Desember 2020 lalu, Wishnutama digantikan Sandiaga Uno di posisi Menparekraf. Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, pihaknya yakin bahwa pengalaman dan kepemimpinan Wishnutama dapat memberikan nilai tambah pada perusahaan.

"Tokopedia percaya, pengalaman kepemimpinan dan kreativitas Mas Tama akan memberikan nilai tambah tersendiri, baik untuk para pemimpin di Tokopedia, institusi secara menyeluruh, hingga percepatan terwujudnya misi besar Tokopedia untuk Indonesia," kata William dalam keterangan tertulisnya, Jumat 5 Februari.

Sementara, Wishnutama mengapresiasi misi Tokopedia yang melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi misi Tokopedia dalam melakukan pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital. Terutama di sisi pemberdayaan UMKM lokal yang berkaitan erat dengan kemajuan ekonomi kreatif negeri ini. Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan membagi pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan," kata pria yang akrab disapa Tama ini.