GoTo Ubah Susunan Kepengurusan Perseroan Usai RUPST 2023
Logo perusahaan GoTo. (ANTARA/HO/GoTo)

Bagikan:

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo atau Perseroan, BEI: GOTO) mengubah susunan kepengurusan perseroan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

“Perseroan telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham terhadap seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang diajukan. Di antara persetujuan yang telah didapatkan, Perseroan mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat guna meningkatkan tata kelola Perseroan serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis dalam percepatan langkahnya menuju profitabilitas,” kata Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani dalam keterangan dikutip ANTARA, Jumat, 30 Juni.

Seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang memerlukan persetujuan pemegang saham telah disetujui, termasuk Laporan Tahunan Perseroan tahun 2022, dan pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Entitas Anak untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022.

Pemegang saham disebut juga telah menyetujui mata acara RUPSLB, yaitu penambahan anggota Direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B.

Dalam RUPST, terdapat sejumlah perubahan dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang berlaku terhitung sejak RUPST ditutup untuk masa jabatan sesuai ketetapan anggaran dasar Perseroan.

Pertama adalah pengunduran diri Andre Soelistyo selaku Direktur Utama Perseroan dan menunjuk dirinya menjadi Komisaris Perseroan.

Kedua, pengalihan tugas dan wewenang Garibaldi Thohir yang semula menjadi Komisaris Utama Perseroan menjadi Komisaris Perseroan. Ketiga, perubahan posisi Agus D. W. Martowardojo yang semula Komisaris Perseroan menjadi Komisaris Utama Perseroan.

Keempat, menerima pengunduran diri Bapak Patrick Sugito Walujo selaku Komisaris Perseroan dan kemudian mengangkat dirinya sebagai Direktur Utama Perseroan. Terakhir, mengangkat Thomas Kristian Husted sebagai Wakil Direktur Utama Perseroan.

“Saya percaya bahwa di bawah kepemimpinan Bapak Patrick Walujo selaku Direktur Utama serta bimbingan dari Bapak Agus D.W Martowardojo selaku Komisaris Utama, Perseroan berada dalam posisi yang kuat untuk terus tumbuh dan membawa manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Saya beserta anggota Dewan Komisaris lainnya akan terus mengawal, memberikan masukan, serta arahan kepada manajemen GoTo,” ujar Andre Soelistyo.

Atas nama Dewan Komisaris, Agus D. W. Martowardojo turut berterima kasih kepada Andre Soelistyo atas dedikasi dalam mengembangkan GoTo menjadi ekosistem digital terbesar Indonesia hingga saat ini.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat mengemban tugas baru kepada Patrick sebagai Direktur Utama. Keterlibatan Patrick dengan ekosistem GoTo dimulai bahkan sejak awal pendirian Gojek, dan beliau secara aktif turut berperan dalam pengembangan lanskap teknologi digital Indonesia. Saya berharap dalam tugas barunya ini Patrick akan berkontribusi besar dalam mendorong kemajuan bagi Perseroan,” kata Agus.

Secara detail, susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan terdiri dari Komisaris Utama Agus D. W. Martowardojo, Komisaris yang diisi oleh William Tanuwijaya, Andre Soelistyo, Garibaldi Thohir, Winato Kartono, dan Wishnutama Kusubandio.

Untuk Komisaris Independen terdiri dari Dirk Van den Berghe, Marjorie Lao, dan Robert Holmes Swan.

Adapun jajaran direksi terdiri dari Direktur Utama Sugito Walujo, Wakil Direktur Utama Thomas Kristian Husted, dan Direktur yang mencakup Wei-Jye Jacky Lo, Catherine Hindra Sutjahyo, Hans Patuwo, Melissa Siska Juminto, Nila Marita, serta Pablo Malay.