Museum Nasional Bentuk Tim Identifikasi Koleksi Pascakebakaran
Situasi pascakebakaran Museum Nasional Indonesia (MNI) di Jakarta, Minggu (17/9/2023). ANTARA/Devi Nindy

Bagikan:

JAKARTA - Museum Nasional Indonesia membentuk tim identifikasi koleksi cagar budaya yang terdampak, usai kebakaran melanda kompleks museum tersebut pada Sabtu (16/9) malam.

"Dari Museum Nasional sudah membentuk tim identifikasi membentuk tim yang terdiri dari kurator dan konservator," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya Ahmad Mahendra dikutip ANTARA, Senin, 18 September.

Tim tersebut telah diperbolehkan memasuki lima dari enam ruangan yang terdampak kebakaran di Gedung A oleh tim Puslabfor Mabes Polri yang melakukan penyidikan.

Mahendra mengungkap tim tersebut mengalami kendala setelah memasuki lima ruangan tersebut.

"Tim kami sudah mau masuk tapi ternyata terkendala oleh puing-puing ada balok-balok besar yang masih berlalu lalang di atas , ini perlu penanganan untuk memindahkan itu," kata dia.

Pemindahan puing-puing reruntuhan di ruang prasejarah tersebut melibatkan PPSU. Selain itu, tim tersebut telah memindahkan sebagian koleksi di ruangan terdampak dan mengidentifikasinya.

Mahendra mengatakan pengamanan di Museum Nasional Indonesia diperketat, meskipun pengunjung saat ini merupakan orang yang berkepentingan.

"Karena berurusan dengan sejarah. Jangan sampai ada koleksi tadi yang hilang," ujar dia.