Polisi Kejar Fredy Pratama, Satu-Satunya Gembong Narkoba yang Edarkan Pil Yaba di Indonesia
Perburuan Fredy Pratama (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Gembong narkoba Fredy Pratama merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Jaringan ini juga disebut satu-satunya pengedar pil 'yaba'.

"Iya betul satu-satunya (jaringan yang mengedarkan pil yaba) kalau dari Thailand dia sendiri," ujar Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Mukri Juharsa saat dikonfirmasi, Sabtu, 16 September.

Pil yaba termasuk narkotika golongan satu. Sebab, narkoba jenus ini merupakan kombinasi dari caffeine dan methapethamine. Dalam bahasa Thailand Yaba sendiri memiliki arti 'Obat Gila atau Crazy Pil'.

Diketahuinya Fredy Pratama dalang di balik dalam peredaran pil yaba di Indonesia berdasarkan hasil pengungkapan. Beberapa waktu lalu, Polri berhasil menggagalkan penyelundukan dan beredaran narkoba jenis tersebut.

"Itu udah banyak kasusnya pil yaba tapi sudah ketangkap semuanya," kata Mukti.

Fredy Pratama merupakan pimpinan dari salah satu gembong narkoba terbesar di Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, jaringannya mengedarkan 10,2 ton sabu.

Saat ini, keberadaanya sedang diburu. Polri menggandeng pihak Imigrasi dan kepolisian Malaysia, Thailand, serta Interpol. Bila terdeteksi melewati jalur perbatasan resmi, Polri akan segera mengetahuinya.

Berdasarkan informasi terakhir, Fredy Pratama disebut berada di wilayah negara Thailand.