Pemuda Hanya Diam di Perbatasan RI-PNG yang Dijaga Satgas Yonif, Rupanya Bawa Karung Isi Ganja
Prajurit Yonif 122/TS saat menemukan karung berisi sembilan bungkus ganja di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua yang berada di perbatasan RI-PNG. (ANTARA/HO-Yonif 122/TS)

Bagikan:

JAYAPURA - Satuan tugas Yonif 122/TS yang bertugas di pos waris, Kabupaten Keerom, Papua, mengamankan sembilan paket ganja di sekitar pos lintas batas tradisional waris.

Danpos Waris Letda Inf Hasan Basri dalam siaran persnya di Papua, mengatakan bungkusan berisi ganja itu ditemukan Kamis (14/9) saat anggota patroli di jalan setapak atau jalan tikus sepanjang perbatasan RI-PNG hingga pos lintas batas tradisional di kampung Banda, Distrik Waris.

Personel saat itu mencurigai seorang pemuda asal Papua Nugini (PNG) yang terlihat tidak berani melintas memasuki wilayah RI.

Padahal saat itu banyak masyarakat yang melintas di depan kantor pos lintas batas tradisional tempat di mana prajurit TNI melaksanakan pemeriksaan. Pemuda tersebut hanya berdiri diam di sekitar gapura perbatasan.

Melihat itu, prajurit berupaya mendekati pemuda tersebut namun yang bersangkutan langsung melarikan diri dan masuk ke wilayah PNG.

Karena curiga, kemudian anggota yang berada di gapura yang berjarak sekitar 150 meter dengan pos perbatasan melakukan pemeriksaan di sekitar kawasan itu.

Saat melihat karung beras ditumpukan rumput kemudian dilakukan pemeriksaan dan ditemukan sembilan bungkus paket ganja.

"Setelah ditimbang kesembilan bungkus paket ganja itu seberat 462 gram," kata Letda Inf Hasan dikutip ANTARA, Jumat, 15 September.

Temuan itu sudah dilaporkan ke Danyon 122/TS dan barang bukti berupa sembilan bungkus ganja itu dibawa ke pos Waris.

Kampung Banda merupakan salah satu kampung yang berada di perbatasan RI-PNG dan masuk dalam wilayah Kabupaten Keerom.