Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) belum mau mengungkap soal satu partai politik yang akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi menilai, tidak sulit untuk menebak satu parpol yang warnanya sama dengan partai pendukung Prabowo Subianto. 

"Untuk nama partai politik yang akan bergabung di KIM, silahkan ditebak saja. Pasti tebakannya tidak sesulit mengisi teka-teki silang. Nanti ditunggu kabar baiknya," ujar Viva kepada wartawan, Jumat, 15 September. 

Namun Viva memberi sinyal bahwa parpol tersebut adalah Partai Demokrat.  Sebab Viva mengatakan, PAN akan senang apabila partai yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mau bekerja sama di Pilpres 2024 mendatang. 

"Setelah Partai Demokrat keluar dari KPP, PAN berharap dan akan bergembira jika Partai Demokrat dapat bekerjasama atau bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM)," kata Viva. 

Alasannya, lanjut Viva, dari sisi platform partai, relatif tidak berbeda sehingga akan memudahkan dalam mensinergikan kekuatan bersama. 

"Apalagi PD, PAN, dan Gerindra di pilpres sebelumnya pernah dalam satu perjuangan di koalisi," katanya. 

Kedua, tambahnya, akan memperluas basis dukungan bagi Prabowo Subianto. 

"Karena masing-masing memiliki basis konstituen sendiri sehingga jika bergabung akan menambah kekuatan dan memperbesar suara di pilpres," jelas Viva. 

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyebut akan ada satu parpol tambahan yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM). Ciri-cirinya, warnanya sudah ada di dalam koalisi pendukung Prabowo.

"Yang penting kita tunggu ada satu partai lagi dulu. Ciri-cirinya warnanya sudah ada di koalisi ini," kata Menko Bidang Perekonomian itu di DPP Golkar, semalam.