Ikut Arahan PJ Gubernur DKI, PLN UID Jakarta Raya Pasang Water Mist Cegah Polusi Udara
Pemasangan water mist generator di atas gedung PLN UID Jakarta Raya pada Jumat 8 September. (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya melakukan pemasangan water mist di atap gedungnya yang terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Langkah pemasangan water mist ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menekan polusi di Ibu Kota.

“Kami sudah pasang satu water mist generator di atap gedung kantor kami, yang tingginya 10 lantai," ungkap General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran dalam keterangan tertulisnya, Minggu 10 September.

Water mist merupakan alat penyemprot air otomatis. Alat ini merupakan implementasi penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Sesuai arahan Heru Budi, gedung-gedung tinggi yang ada di Jakarta diminta memasang water mist di atapnya.

Pemasangan water mist di atap kantor PLN UID Jakarta berlangsung pada Jumat 8 September.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto Tri, Lasiran menyebutkan water mist mampu menghasilkan semburan air (atau campuran air dengan bahan lainnya) dengan ukuran yang halus, sehingga butiran air bisa beterbangan dan mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah. Butiran air yang halus juga membuat mist generator tidak boros air.

“Penyemprotan air menggunakan "water mist generator" di atap gedung kantor kami dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari mulai pukul 8 sampai 11 siang dan sore hari mulai pukul 13 sampai 15 sore," ujar Lasiran.