Penerbangan Umrah Langsung Solo ke Jeddah Kembali Beroperasi
Jemaah umrah yang akan menaiki Lion Air melalui Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). (ANTARA)

Bagikan:

BOYOLALI - Penerbangan langsung perjalanan umrah dari Bandar Udara Adi Soemarmo Solo ke Jeddah, Arab Saudi, kembali beroperasi mulai Sabtu 9 September.

Pejabat Pengganti Sementara General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Soemarmo Ibnu Solikin di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu mengatakan rute penerbangan umrah ini dilayani oleh maskapai Lion Air. Terkait itu, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas bandar udara.

"Dari segi fasilitas bandar udara, kami menyatakan siap dan menyambut baik kembalinya rute umrah langsung dari Bandar Udara Adi Soemarmo," katanya.

Ia juga optimistis animo masyarakat untuk rute tanpa transit ke Arab Saudi ini akan terus meningkat.

Menurut dia, pada penerbangan tersebut arus keberangkatan jemaah umrah akan tetap melalui terminal keberangkatan domestik lalu menuju gate internasional.

"Sedangkan untuk para pengantar akan disediakan tempat di area parkir kendaraan roda dua sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang domestik yang melalui Bandar Udara Adi Soemarmo," katanya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan untuk perjalanan umrah ini Lion Air mengoperasionalkan pesawat berbadan lebar Airbus 330-300 dan Airbus 330-900 NEO dengan kapasitas hingga 440 penumpang.

Penerbangan perdana dari Solo langsung ke Jeddah dilaksanakan Sabtu 9 September 2023 pukul 09.35 WIB dengan membawa 433 orang jemaah umrah.

Selanjutnya, penerbangan umrah akan dilayani satu kali seminggu setiap hari Sabtu dengan rute Solo-Jeddah.

"Peluncuran terbang tanpa transit adalah langkah dalam mendukung kebutuhan ibadah umrah periode 1445 Hijriah dan menggabungkannya dengan pesona musim panas yang begitu menarik di Saudi Arabia," katanya.

Danang mengatakan Lion Air berkomitmen memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjalani ibadah umrah sekaligus merasakan pengalaman berwisata.