Bagikan:

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hadir dalam deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 2 September.

Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi menyatakan, partainya tetap istiqomah bersama NasDem untuk mendukung Anies, siapapun cawapres yang dipilihnya.

"Alhamdulillah, kami sudah ada disini, tidak perlu menjelaskan hadir atau tidak hadir, kita sudah datang," ujar Aboe Bakar kepada wartawan, Sabtu, 2 September.

Ia menambahkan, semua jadi jelas keputusan untuk mengadakan pembicaraan panjang dalam waktu yang singkat telah disepakati untuk dihadiri bersama dengan tujuan mengumumkan bergabungnya PKB dan mengumumkan capres cawapres

Aboe menegaskan, PKS tetap berkomitmen berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang saat ini mendapat tambahan anggota, yakni PKB. Dia pun berharap, Partai Demokrat masih berada di dalam koalisi yang mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Alhamdulillah, Insyaallah kita masih istiqomah. Kita bersama NasDem dan sekarang datanglah satu (PKB)," kata Anies.

"Saya berharap yang satu (Demokrat) tidak keluar, semoga masih bertahan bersama," imbuhnya.

Kendati demikian, Ketua MKD DPR RI itu enggan berkomentar terkait sikap politik Partai Demokrat yang diumumkan Majelis Tinggi Partai semalam. Yakni terkait penarikan dukungan kepada Anies dan menyatakan keluar dari koalisi perubahan.

"Sudahlah saya tidak harus bicara banyak itu urusan partai masing-masing," ucap Aboe.

Terpenting, tambah Aboe, PKS solid untuk memenangkan Anies di Pilpres 2024 mendatang. Dia bilang, persoalan cawapres sudah dibicarakan Anies bersama para ketua umum parpol yang tergabung di KPP.

"Alhamdulillah kita tetap bersama Anies dan koalisi. Dari awal kesepakatan kita dipercayakan kepada calon presiden kita Anies tapi semua juga dibicarakan dengan ketua partai," pungkasnya.

Sebelumnya, Wasekjen PKB Syaiful Huda mengatakan deklarasi akan digelar di Hotel Majapahit, Surabaya pukul 14.00 WIB.

Dalam acara yang dihadiri Anies dan Cak Imin secara langsung, Ketua Umum NasDem Surya Paloh juga akan memberikan sambutan.

"Acara akan digelar sederhana, tapi khidmat. Untuk memastikan langkah pasangan Anies-Muhaimin lancar hingga berhasil menang pilpres 2024," kata Huda, Sabtu, 2 September.