Gudang Logistik di Sinak Papua Tengah Mulai Dibangun
Menko PMK Muhadjir Effendy saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gudang logistik di Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Kamis (31/8/2023). (FOTO ANTARA/HO-Pemkab Puncak)

Bagikan:

JAYAPURA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Darwin Tobing mengatakan pembangunan gudang logistik di Sinak sudah mulai dilaksanakan setelah dilakukannya peletakan batu pertama oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

"Memang benar Menteri Koordinator PMK dalam kunjungannya ke Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, selain ke Ilaga juga ke Sinak pada Kamis (31/8)," katanya dikutip ANTARA, Jumat, 1 September.

Ia menjelaskan gudang logistik itu, selain dibangun di Sinak juga akan dibangun di Agandugume sehingga apalagi terjadi bencana alam serupa, bantuan pangan dapat langsung diberikan.

Selain pembangunan gudang logistik juga akan dilakukan pelebaran lapangan terbang Sinak sehingga nantinya dapat didarati pesawat jenis ATR atau Hercules.

Selain itu juga direncanakan pembangunan jalan Sinak-Agandugume sehingga bila nantinya ada bencana maka penyaluran bantuan pangan dapat langsung dilakukan.

Kunjungan tersebut, kata dia, merupakan tindak lanjut dari hasil rapat terbatas tingkat menteri terkait penanganan permanen bencana di Agandugume dan Lambewi serta menindaklanjuti hasil kunker Menko PMK bulan Agustus lalu, kata Sekda Puncak.

Gudang logistik yang dibangun di Sinak lebih besar, yakni 500 meter persegi dibanding di Agandugume yang hanya 300 meter persegi

"Mudah-mudahan bila selesai pembangunan gudang logistik maka saat terjadi bencana cuaca ekstrem masyarakat tidak mengalami kesulitan mendapatkan bahan makanan karena dapat langsung disalurkan dari gudang tersebut, " katanya.

Sebelumnya, bencana alam akibat cuaca ekstrem yang terjadi di kedua distrik tersebut sejak bulan Mei 2023 menyebabkan enam orang meninggal, demikian Darwin Tobing.