Menko PMK Cek Proyek Gudang Logistik hingga Perpanjangan Landasan Pacu Bandara Sinak Kabupaten Puncak
Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan bantuan bagi siswa sekolah di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. (ANTARA/HO-Kemenko PMK)

Bagikan:

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan program pembangunan pemerintah di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Muhadjir menyampaikan dirina diutus oleh Presiden Joko Widodo untuk memastikan pelaksanaan rencana pembangunan di Kabupaten Puncak, khususnya Distrik Sinak dan sekitarnya, berjalan baik.

Ia mengatakan pemerintah menjalankan beberapa program pembangunan di Kabupaten Puncak setelah bencana kekeringan dan kekurangan pangan melanda bagian dari wilayah kabupaten itu.

Program pembangunan yang dilaksanakan meliputi perpanjangan landasan pacu Bandara Sinak, pembangunan gudang logistik, serta pembangunan jalan Sinak-Ilaga, Sinak-Agandugume, dan Sinak-Mulia.

Menurut Muhadjir, pemerintah pada tahap pertama memperpanjang landasan pacu Bandara Sinak supaya bisa digunakan untuk pendaratan pesawat berukuran besar dalam pengangkutan bahan bangunan dan logistik lain.

"Kalau pesawat berbadan lebar bisa mendarat di situ, nanti angkutan barang lewat udara untuk Distrik Sinak dan sekitarnya seperti Agandugume, Lambewi, Oneri, Mulia, Ilaga, akan bisa lancar," katanya dilansir ANTARA, Jumat, 1 September.

Muhadjir menjelaskan, pemerintah akan membangun jalan-jalan penghubung distrik serta lumbung pangan untuk menghadapi kemungkinan terjadi masalah pasokan pangan pada musim dingin.

"Jadi tidak hanya menyelesaikan masalah kelangkaan pangan, tapi juga memperluas akses lewat darat," katanya.

Muhadjir meminta masyarakat, tokoh masyarakat, dan pemuka agama mendukung pelaksanaan program pembangunan pemerintah di bagian wilayah Kabupaten Puncak, antara lain dengan membantu menjaga keamanan daerah pembangunan.

"Saya mohon kepada para pemuka agama, bapak pendeta, mohon ketua adat, kepala suku, mohon dukungannya rencana pemerintah ini. Jaga keamanan, yang rukun, kompak, kita terus memajukan Sinak dan sekitarnya," katanya.

"Mudah-mudahan dengan bandara yang semakin panjang pembangunan akan semakin lancar," ia menambahkan.

Dalam kunjungannya di Kabupaten Puncak, Menko PMK antara lain mengecek lumbung pangan sementara dan barang-barang bantuan yang disimpan di lumbung tersebut.

Selain itu, dia meletakkan batu pertama pembangunan gudang pangan, mengecek pembangunan landasan di bandara, serta memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada anak-anak.

Saat berada di Kabupaten Puncak, Menko PMK juga menerima masukan dari para pemuka agama untuk membangun sekolah asrama.

Aparat Pemerintah Provinsi Papua Tengah Ausilius You dan Bupati Puncak Wilem Wandik mengajak masyarakat di wilayah Kabupaten Puncak mendukung pelaksanaan program pembangunan pemerintah pusat.

"Mari kita sama-sama ikut kerja sama bahu membahu merealisasikannya," kata Ausilius You.