Bagikan:

JAKARTA - Usia dan kondisi fisik tak menjadi penghalang bagi pendaki gunung Jepang Yuichiro Miura. Ia bersama sekelompok teman dan keluarga telah mencapai puncak Gunung Fuji.

Miura diketahui berusia 90 tahun dan mendaki menggunakan kursi roda untuk mencapai puncak tertinggi Gunung Fuji. Pendakian dilakukan selama tiga hari.

Miura tiba di puncak hari ini sekitar pukul 7.20 pagi di tengah cuaca cerah dan angin dingin. Ia mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah mendukung usahanya.

Sementara Gunung Fuji setinggi 3.776 meter, puncak tertinggi di Jepang, merupakan tujuan pendakian yang populer, hanya sedikit orang yang tidak berusia lanjut yang mencoba mendaki.

Kemenangannya di Gunung Fuji datang setelah berjuang dengan kesehatannya. Pada Juni 2020, Miura, yang saat itu berusia 87 tahun, dirawat di rumah sakit selama sekitar delapan bulan karena hematoma epidural spinal spontan -- ketika saraf di leher tertekan dan menyebabkan kelumpuhan pada tangan dan kaki.

Pendaki gunung, yang pada tahun 2013 menjadi orang tertua yang menaklukkan Gunung Everest pada usia 80 tahun, bercita-cita untuk mendaki Gunung Fuji sebagai sarana rehabilitasi.

"Terima kasih kepada semua orang, saya dapat memenuhi keinginan saya untuk mencapai puncak. Ini luar biasa," katanya dilansir dari KYODO via japantoday.com, Kamis, 31 Agustus malam. 

Miura dengan kursi roda pendakian gunungnya yang dirancang khusus memulai pendakiannya sekitar pukul 5: 15 Kamis dari pondok stasiun ke-9 di Jalur Fujinomiya tepat saat matahari mengintip ke cakrawala.

Dengan bantuan rombongan pendakiannya yang menyeret kursi ke atas, dia mencapai puncak sekitar dua jam kemudian.

"Saya bisa mendaki dengan teman yang menyenangkan. Pemandangannya sangat menakjubkan sehingga saya tidak akan pernah melupakannya," kata Miura.

Sekitar 40 siswa dari Clark Memorial International High School, di mana Miura bertindak sebagai kepala sekolah kehormatan, menyapa para pendaki gunung di puncak ketika dia tiba. Mereka bergabung dengannya di pondok stasiun ke-9 pada hari sebelumnya dan bertemu lebih awal.

"Itu membuat saya sadar bahwa dia dikagumi oleh begitu banyak orang," kata siswa berusia 18 tahun Tomoya Sano, seraya menambahkan bahwa dia merasa dukungan yang diterima Miura sangat mengesankan.

Sebagian besar pendakian selama tiga hari terdiri dari dia mengendarai kursi rodanya yang diseret dengan seutas tali. Dia menderita rasa kesemutan yang akut di kakinya saat dia menggerakkan tubuhnya.

Pada hari Selasa, Miura meninggalkan pondok stasiun ke-5 bersama putranya Gota, 54, dan menghabiskan satu malam masing-masing di stasiun ke-7 dan ke-9.

Pendaki gunung ini dikenal karena berhasil bermain ski menuruni Gunung Fuji pada tahun 1966 menggunakan parasut untuk memperlambat penurunannya. Pada tahun 2003, 2008, dan 2013 -- pada usia 70, 75, dan 80 tahun -- Miura berhasil mencapai puncak Gunung Everest setinggi 8.848 meter.

Orang tertua yang mencapai puncak Gunung Fuji adalah Teiichi Igarashi, yang berusia 101 tahun 10 bulan ketika mencapai prestasi tersebut pada tahun 1988, menurut sebuah asosiasi yang mengesahkan catatan nasional.