Bagikan:

MALUT - Seorang warga Jakarta bernama Salwa (21) yang mengalami hipotermia saat berwisata ke Taman Love di Gunung Gamalama Maluku Utara (Malut) berhasil dievakuasi Basarnas Ternate.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman menjelaskan, tim SAR gabungan yang mendapat laporan bergerak dan tiba di lokasi untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban pada Selasa 29 Agustus sekitar pukul 21.24 WIT.

Selanjutnya korban dievakuasi dari Gunung Gamalama menuju RSUD terdekat untuk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Mengutip Antara, Fathur menjelaskan awal kejadian bermula ketika korban berangkat dari penginapan menuju Puncak Taman Love di Gunung Gamalama untuk berwisata pada 29 Agustus 2023 pukul 16.30 WIT. Namun suhu di lokasi rendah lantaran hujan. Akibatnya korban kedinginan dan mengalami hipotermia dari jam 19.00 Wit.

Adapun laporan minta bantuan SAR terkait adanya wisatawan asal Jakarta mengalami hipotermia ini masuk ke Basarnas Ternate pada Selasa 29 Agustus sekitar pukul 20.30 Wit

Setelah mendapat laporan, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan masyarakat setempat menanyakan perihal kebenaran terjadinya wisatawan yang mengalami hipotermia.

Selanjutnya satu tim SAR Basarnas Ternate bergerak menuju lokasi dengan membawa peralatan SAR darat untuk melakukan evakuasi terhadap korban.