Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyinggung banyaknya kritikan kepada anggota dewan di momen peringatan HUT ke-78 DPR. Dia menyentil dewan agar meningkatkan kehadiran dalam rapat-rapat DPR. 

“Menjadi kritik dan otokritik bagi kita bersama bahwa dalam menjalankan tugas, DPR RI harus memperhatikan sejumlah hal. Pertama meningkatkan kehadiran anggota DPR RI dalam rapat-rapat urusan rakyat. Kita jangan lebih sering rapat di luar DPR dari pada rapat di DPR,” ujar Puan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 29 Agustus. 

Puan juga mengingatkan seluruh anggota DPR RI agar lebih responsif dan cekatan dalam merealisasikan rekomendasi dan kebijakan berdasarkan hasil rapat demi memenuhi kebutuhan rakyat.

"Meningkatkan atensi pada tindak lanjut dari hasil-hasil rapat bersama pemerintah. Rekomendasi dan kesimpulan rapat jangan hanya menjadi catatan kata-kata di atas kertas," katanya.

Selain itu, Puan mendorong para dewan untuk meningkatkan partisipasi publik dalam menyusun undang-undang. Serta meningkatkan disiplin dalam menjaga kehormatan sesuai kedudukan DPR RI.

Menurutnya, para dewan jangan hanya marah-marah saat rapat. Tanpa meminta penjelasan utuh dari mitra kerja. 

“Jangan mentang-mentang DPR RI, kita tampil berlebihan tanpa mempedulikan rasa kepatutan. Kita juga dikritik agar dapat menyampaikan pendapat secara argumentatif bukan sekadar marah-marah. Setelah marah-marah meninggalkan ruang rapat tanpa menunggu penjelasan dari mitra kerja," tegasnya.

Sementara soal adanya kritikan kepada anggota DPR terkait kegiatan di luar ruangan sidang, menurutnya, dewan harus dapat memperhatikan rasa kepatutan. “Juga memperhatikan keteladanan, dan rasa peduli sosial, dan kritik-kritik lainnya, yang harus kita sikapi untuk memperbaiki integritas dan kinerja DPR RI,” kata Puan.

Mantan Menko PMK itu memastikan, DPR akan terus memperbaiki diri untuk dapat menjalankan kedaulatan rakyat sesuai dengan amanat rakyat. Puan menegaskan, DPR memiliki tekad dan komitmen untuk menjadi lembaga yang kredibel dan berintegritas.

Puan pun mengajak seluruh anggota DPR untuk setia pada komitmen menjalankan tugas negara dan kerja bersama membangun lembaga DPR RI yang dipercaya rakyat dan dicintai rakyat.

"Anggota DPR RI dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan," tegas Puan.