9 Jurusan yang Memiliki Peluang Lolos CPNS 2023, Siapkan Diri Anda!
jurusan yang memiliki peluang lolos CPNS (foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat dinanti-nantikan oleh banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang berusia muda atau masa produktif. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jurusan ada formasi yang dibuka atau banyak kuota penerimaannya. Ada beberapa jurusan yang memiliki peluang lolos CPNS 2023. 

Dalam seleksi CPNS tahun ini, pemerintah membuka sebanyak 572.496 formasi untuk CPNS maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Masing-masing instansi membuka seleksi untuk formasi yang berbeda-beda. Setiap formasi tentunya akan mendapatkan animo pendaftar yang tinggi sehingga persaingannya sangat ketat. 

Dari berbagai posisi profesi yang dibuka, ada beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang besar CPNS 2023 dan PPPK. 

Jurusan yang Memiliki Peluang Lolos CPNS 2023

Pemerintah membuka seleksi CPNS 2023 dan PPPK untuk 572.496 formasi. Dengan rincian, formasi CPNS sebanyak 28.903 dan PPPK sejumlah 543.593. Total formasi tersebut untuk 72 instansi pemerintah pusat dengan penerimaan 78.862 ASN dan pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN. 

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang besar lolos CPNS 2023:

Pendidikan

Lulusan jurusan pendidikan memiliki peluang besar lolos seleksi CPNS 2023. Bagi Anda yang memiliki gelar sarjana pendidikan dari berbagai bidang ilmu maka perlu optimis mendaftar CPNS tahun ini. Khususnya, tahun ini akan menjadi waktu di mana tenaga pengajar honorer memiliki kesempatan menjadi PNS part time melalui proses seleksi.

Kesehatan

Jurusan kesehatan seperti kedokteran atau perawat juga memiliki peluang yang menjanjikan dalam pendaftaran CPNS tahun ini. Tidak hanya di tingkat Kementerian Kesehatan, biasanya pemerintah daerah juga membuka banyak posisi untuk lulusan bidang kesehatan. Masih faskes di berbagai daerah di Indonesia yang membutuhkan tenaga kesehatan.

Teknologi Informasi

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang fokus dalam peningkatan atau pengembangan teknologi digital. Oleh karena itu, lulusan dari bidang terkait teknologi dan digital akan banyak dibutuhkan. Salah satu contoh adalah Jurusan Teknologi Informasi yang diperkirakan akan banyak pembukaan formasi dalam seleksi CPNS 2023.

Desain Komunikasi Visual

Transformasi digital tidak hanya pekerjaan pemrograman semata, tetapi juga melibatkan aspek branding dan pemasaran. Apalagi saat ini muncul berbagai kebutuhan profesi baru seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial. Lulusan dari bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) atau desain grafis akan sangat dibutuhkan untuk menciptakan konten yang menarik di platform media sosial maupun situs web.

Ilmu Politik dan Pemerintahan

Jurusan lain yang juga diperkirakan akan memiliki banyak peluang dalam seleksi CPNS 2023 adalah Ilmu Politik dan Pemerintahan. Formasi-formasi untuk jurusan ini biasanya dibutuhkan di lembaga-lembaga seperti Mahkamah Agung, BPPU, dan BAPPEDA.

Matematika dan Statistika

Lulusan dari jurusan Matematika dan Statistika disebut sebagai individu yang memiliki talenta digital dan akan dibutuhkan oleh instansi yang sedang melaksanakan transformasi digital. Orang-orang yang terampil di bidang Matematika dan Statistika dapat menjadi analis data, yang tugasnya meliputi pengumpulan, analisis, dan penyajian data.

Teknik Industri

Kementerian PUPR sebagai instansi yang menangani proyek pembangunan infraskturtur akan tetap banyak membutuhkan lulusan jurusan Teknik Industri. Untuk mendukung kebutuhan SDM, jurusan Teknik Industri dan teknik lainnya yang berhubungan dengan pembangunan akan memiliki peluang besar dalam CPNS 2023. 

Ekonomi 

Keilmuan dalam bidang ekonomi menjadi kebutuhan mutlak di berbagai lembaga, termasuk Kementerian dan instansi pemerintah daerah. Sebab dalam setiap lembaga terdapat dana yang harus diaudit secara akuntabel, sehingga lulusan jurusan ekonomi sangat dibutuhkan.

Bahasa Inggris

Bagi Anda yang menamatkan studi bidang Bahasa Inggris, maka dapat optimis mengikuti CPNS tahun ini. Jurusan ini memiliki peluang besar untuk menjadi PNS, terutama  banyaknya kesempatan bekerja di Kementerian Luar Negeri atau Kejaksaan Agung RI.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jurusan yang memiliki peluang lolos CPNS 2023.  Profesi-profesi yang paling dibutuhkan dalam seleksi CPNS tahun ini berkaitan dengan kebutuhan negara di berbagai sektor, seperti teknologi, pendidikan, kesehatan, pembangunan, dan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.