Bagikan:

YOGYAKARTA – Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bakal menggelar Indonesia Sustainabilty Forum (ISF) pada 7-9 September 2023 mendatang. Forum berskala internasional ini akan dipentaskan di Park Hyatt, Jakarta. Lantas, apa itu Indonesia Suistanbility Forum?

Apa itu Indonesia Suistanbility Forum?

Dikutip dari laman resminya, Indonesia Suistainability Forum adalah konferensi internasional yang menyediakan jalan untuk membahas terobosan dalam mencapai pertumbuhan berkelanjutan, dan untuk memetakan kolaborasi dan kemitraan dalam mempercepat transisi menuju ekonomi hijau.

Forum ini mempertemukan sekitar 700 pemangku kebijakan, pakar atau ahli, serta investor dari seluruh dunia. ISF menjadi side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang diketuai RI.

Deputi Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengatakan, Perhelatan ISF merupakan bentuk kontribusi Indonesia ke dunia untuk menjawab tantangan yang dihadapi negara berkembang dan negara maju dalam mengimplementasikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Selain itu, ISF juga merupakan sebuah momentum bagi Indonesia untuk mendorong dekarbonisasi global dan memacu praktik keberlanjutan dunia.

“Kita harus bisa mempercepat transisi pertumbuhan berbasis emisi menuju pertumbuhan berkelanjutan yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungan, secara pasti dan cermat,” ujar Rahmat, dikutip dari Antara, Rabu, 23 Agustus 2023.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) dan Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menyampaikan bahwa duina usaha memiliki peran krusial untuk menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan dalam transisi ekonomi hijau.

“Kami aktif mendorong inisiatif seperti Net Zero Hub dan Carbon Center of Excellence termasuk mobilisasi investasi hijau melalui kolaborasi lintas sektor baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara,” tutur Arsjad.

“Melalui inisiatif ini, sektor industri dan bisnis di Indonesia dan ASEAN diharapkan dapat bersatu untuk mencapai pembangunan berkelanjutan yang inklusif dan kondusif,” sambungnya.

Dikatakan Arsjad, ISF merupakan bagian dari acara ASEAN-BAC Indonesia Summit 2023 yang akan digelar pada 1-8 September 2023.

Sejumlah pemimpin dunia dari negara sahabat direncanakan akan menghadiri perhelatan resmi berskala internasional pertama Indonesia yang menyorot isu keberlangsungan (sustainability) ini, di antaranya:

  • Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong
  • Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr
  • Executive Director, Public Policy Glasgow Financial Alliance for Net Zero (GFANZ) Alice Carr
  • Vice President Global Energy Alliance for People and Planet (GEAPP) Kitty Bu
  • Pendiri Climate Policy Initiative Thomas Heller
  • CEO Mitsubishi Power Asia Pacific Akihiro Ondo

Selain dihadiri tokoh-tokoh internasional, Indonesia Suistainability Forum juga akan memberikan panggung bagi para pelaku usaha, serta akademisi Tanah Air untuk mengutarakan pendapat dan aspirasi dalam menghadapi tantangan pencapaian pertumbuhan berkelanjutan yang lebih selaras dengan perlindungan lingkungan.

Indonesia Suistainabilty Forum mengusung tema besar Pursuing Sustainable and Inclusive Growth.

Forum ini menggandeng beberapa institusi global sebagai Knowledge Partner, di antaranya adalah Tony Blair Institute for Global Change, McKinsey dan pelaku bisnis global seperti AstraZeneca.

Para Knowledge Partner akan memimpin sesi tematik, dengan menghadirkan dan memfasilitasi dialog konstruktif yang bertekad menghadirkan solusi untuk mendorong upaya dekarbonisasi, transisi ekonomi hijau, serta konservasi ekosistem lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Demikian informasi tentang apa itu Indonesia Suistainabilty Forum. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.