Akrab, Jokowi Candai Presiden Kenya Ajak Berkunjung ke Indonesia Sebulan
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Kenya William Ruto tertawa bersama saat melepas keberangkatan di Bandar Udara Internasional Jomo Kenyatta Nairobi, Senin (21/8/2023). (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo sempat bercanda dengan Presiden Kenya William Ruto, saat Jokowi mengajak berkunjung ke Indonesia.

Momen kedua pemimpin tampak tertawa bersama tersebut terlihat saat Presiden William Ruto hendak melepas keberangkatan Presiden Jokowi dan delegasi di Bandar Udara Internasional Jomo Kenyatta Nairobi, Senin 21 Agustus.

"Dalam kesempatan tersebut, Bapak Presiden mengundang Presiden Kenya untuk berkunjung ke Indonesia. Namun Bapak Presiden meminta agar Presiden Kenya tinggal di Indonesia tidak hanya 1-2 hari," kata Bey dikutip ANTARA, Rabu 23 Agustus.

Bey mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta agar Presiden William Ruto tidak berkunjung selama 1-2 hari saja di Indonesia.

Hal itu karena Presiden Jokowi akan mengajak Presiden Kenya untuk melihat hilirisasi industri yang tengah dikerjakan secara serius oleh Pemerintah Indonesia.

Menanggapi hal itu, Presiden Kenya pun bertanya ke Jokowi,"Berapa lama?".

"Bapak Presiden menjawab dengan spontan: satu bulan. Keduanya pun tertawa bersama," kata Bey.

Berdasarkan tayangan video yang disaksikan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, tampak Presiden Kenya William Ruto tertawa terbahak-bahak usai Presiden Jokowi menjawab pertanyaannya dengan gestur mengangkat satu jari telunjuk.

Keduanya pun berjabat tangan bersama usai momen itu. Presiden Jokowi pun melanjutkan bersalaman dengan delegasi yang melepas keberangkatan di Bandara Jomo Kenyatta Nairobi.