Rangkaian Kunjungan ke Afrika, Hari Ini Jokowi Bertemu Presiden Kenya
Presiden Joko Widodo bersama Iriana Jokowi meninggalkan Jakarta dari Bandara Halim Perdana Kusuma (Dok: Setneg)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Bandara Internasional Jomo Kenyatta Nairobi, Kenya pada hari Minggu Minggu 20 Agustus sekitar pukul 15.15 waktu setempat atau pukul 19.15 WIB, setelah melakukan penerbangan selama delapan jam.

Presiden Jokowi turun dari tangga Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawanya beserta rombongan. Setibanya di bandara, Presiden Jokowi disambut oleh Duta Besar RI untuk Republik Kenya, Mohamad Hery Saripudin, beserta istri, dan Atase Pertahanan RI di Pretoria, Kolonel Marinir Burhanudin, beserta istri.

Pihak Kenya juga turut menyambut Presiden Jokowi, termasuk Menteri Luar Negeri Kenya, Alfred Mutua, dan Menteri Pertambangan, Ekonomi Biru, dan Kemaritiman Kenya, Salim Mvurya, yang bertindak sebagai Escort of Honour.

Kemudian, bersama rombongan yang terbatas, Presiden Jokowi berjalan kaki menuju State Pavillion yang berada di area bandara untuk menandatangani buku tamu kenegaraan.

Dari bandara, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju hotel tempat mereka akan menginap selama kunjungan di Kenya.

Saat tiba di hotel, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala Kanselerai KBRI Nairobi, Danny Rahdiansyah, tampak menyambut kedatangan Presiden. Selama kunjungan di Kenya, Presiden Jokowi direncanakan akan bertemu dengan Presiden Republik Kenya, William Ruto, untuk mengadakan pertemuan bilateral guna memperkuat hubungan kerja sama antara kedua negara.

Sebagai informasi, kunjungan ini menjadi yang pertama bagi Presiden Jokowi ke wilayah Afrika. Presiden Jokowi menyatakan bahwa kunjungan ini dilakukan karena Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang. Rencananya, Presiden dan delegasi akan kembali ke Indonesia pada tanggal 25 Agustus mendatang.