Akibat Longsor, Akses Jalan dari Malang Menuju Kediri Tertutup Total
Petugas gabungan berupaya membersihkan material longsor yang terjadi di Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Akses jalan dari wilayah Kabupaten Malang menuju Kediri tertutup total akibat kejadian tanah longsor di Desa Jombok, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
 (Jatim). 

Kejadian ini merupakan imbas hujan deras di wilayah Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang sejak 14.00-17.00 WIB dan menyebabkan tebing setinggi 25 meter dengan lebar 10 meter longsor.





"Kejadian longsor di Dusun Jombok Krajan, RT 11, Desa Djombok, Kecamatan Ngantang. Akses Malang-Kediri tertutup total," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setiono saat dihubungi Antara, Selasa, 2 Februari. 

Tebing tersebut, lanjut Bagyo, mengalami longsor kurang lebih pukul 17.50 WIB.

"Volume material bertambah dan menutup jalan provinsi Malang-Kediri," kata Bagyo.



Bagyo menambahkan ada kurang lebih 30 orang personel yang diterjunkan untuk menangani material longsoran tersebut. Saat ini, BPBD Kabupaten Malang bersama seluruh personel tengah menunggu alat berat membersihkan material longsoran.



Para personel yang terlibat dalam penanganan longsor di Dusun Jombok Krajan tersebut, di antaranya berasal dari PMI Kabupaten Malang, personel Poslap Ngantang, perangkat desa, termasuk warga setempat.



Menurut Bagyo, saat ini penanganan longsor dihentikan sementara karena adanya risiko longsor susulan. Masyarakat yang akan melintas, diimbau untuk putar balik, atau beristirahat di tempat yang aman.

"Penanganan dihentikan karena ada risiko longsor susulan," terang dia. 

Tidak adak korban jiwa. Sementara arus lalu lintas kendaraan dialihkan agar tidak melewati titik longsor tersebut.