Bagikan:

BENGKULU - Terdapat 15 tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sulit dijangkau lantaran terletak jauh dari ibu kota kecamatan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong Ujang Maman mengatakan, jumlah TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Rejang Lebong telah ditetapkan pada April 2023 sebanyak 816 TPS tersebar dalam 15 kecamatan.

"Saat ini di Kabupaten Rejang Lebong masih ada 15 TPS yang masuk kategori sulit dijangkau karena letaknya yang jauh ibu kota kecamatan, serta jalannya sulit dilalui kendaraan roda empat," kata Maman, dikutip dari Antara. Minggu 20 Agustus.

Dia menjelaskan, TPS sulit ini selain berada jauh dari ibu kota kecamatan juga medan untuk menuju lokasinya masih ekstrem baik berupa jalan tanah maupun perbukitan.

Menurut dia, kendati di Kabupaten Rejang Lebong masih ada TPS sulit dijangkau tetapi tidak menjadi kendala dalam melakukan pendistribusian logistik dan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Adapun lokasi TPS yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun dua ini, kata dia, tersebar di lima kecamatan diantaranya dalam wilayah Kecamatan Binduriang, Kecamatan Kota Padang, Kecamatan Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

Keberadaan TPS sulit itu sendiri menurut dia, sudah ada sejak pemilu-pemilu sebelumnya baik pileg, pilpres maupun pilkada sehingga pendistribusian logistik pemilu harus dilakukan ekstra keras.

Sementara itu dari 816 TPS Pemilu 2024 tersebar dalam 156 desa/kelurahan di 15 kecamatan ini diketahui selain ada 15 TPS yang masuk kategori sulit dijangkau juga ada tiga TPS khusus yang ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Curup.