Bagikan:

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 9.925 orang yang lolos dalam Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Keputusan itu diambil setelah KPU memverifikasi secara administrasi terhadap 10.323 nama bakal caleg DPR RI yang diajukan oleh 18 partai politik (parpol) peserta pemilu tingkat nasional.

Menariknya, di antara ribuan nama itu, terselip sepuluh nama yang hingga saat ini masih tercatat sebagai pembantu Presiden Joko Widodo di kabinet. Kesepuluh nama tersebut merupakan lima menteri, empat wakil menteri, dan satu kepala badan.

Dari DCS yang telah diumumkan KPU, para pembantu Jokowi yang akan berlaga di pileg 2024 terdiri atas dua nama dari PDI Perjuangan, dua dari Partai Golkar, dua dari PKB, serta satu dari Partai NasDem, Partai Perindo, PBB, dan Hanura.

Sepuluh pembantu Jokowi yang terdaftar sebagai bacaleg DPR RI di pileg 2024 adalah sebagai berikut.

1. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly (PDI Perjuangan), dari daerah pemilihan Sumatera Utara I dengan nomor urut satu.

2. Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo (PDI Perjuangan), dari daerah pemilihan Papua Pegunungan dengan nomor urut satu.

3. Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo (Partai Golkar), dari daerah pemilihan DKI Jakarta I dengan nomor urut satu.

4. Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga (Partai Golkar), dari daerah pemilihan Sulawesi Utara dengan nomor urut dua.

5. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (PKB), dari daerah pemilihan Jawa Timur VIII dengan nomor urut dua.

6. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (PKB), dari daerah pemilihan DKI Jakarta II dengan nomor urut satu.

7. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Partai NasDem), dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan I dengan nomor urut satu.

8. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo (Partai Perindo), dari daerah pemilihan Jawa Timur I dengan nomor urut satu.

9. Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor (PBB), dari daerah pemilihan Jawa Barat V dengan nomor urut satu.

10. Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, Benny Rhamdani (Partai Hanura), dari daerah pemilihan Jawa Barat II dengan nomor urut satu.

Siapakah dari sepuluh nama pembantu Presiden Jokowi tersebut yang akan terpilih sebagai anggota DPR periode 2024-2029 mendatang?