11 Mobil Operasional Diserahkan Pemkot Jayapura pada Ondoafi untuk Peringati HUT RI
Mobil Operasional Jayapura (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua memperingati HUT ke-78 RI dengan menyerahkan kendaraan operasional kepada 1 ondoafi(pemimpin adat)  di daerah itu, Kamis, 17 Agustus. Penyerahan mobil itu sebagai simbol negara mengakui keberadaan hukum dan masyarakat adat yang menandakan bahwa negara memberikan kehormatan dan penghargaan bagi masyarakat adat.

"Sehingga bertepatan dengan HUT ke-78 RI, Pemkot Jayapura memberikan penghargaan kepada masyarakat adat dengan menyerahkan kendaraan operasional," kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey dikutip dari ANTARA. 

Menurut Pekey, kendaraan operasional tersebut bentuk apresiasi kepada lembaga keondoafian sekaligus untuk mendukung dalam mobilisasi aktivitas kemasyarakatan ataupun penyelenggaraan pemerintah kepada masyarakat.

"Perhatian pemerintah dalam berbagai bidang tetap menjadi prioritas kepada masyarakat adat untuk menuju kepada kesejahteraan bersama semua masyarakat yang berada di Kota Jayapura," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Desi Wanggai mengatakan total anggaran kendaraan yang diserahkan kepada 11 ondoafi sebesar Rp4,8 miliar bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) 2023.

Menurut Wanggai, pemberian kendaraan kepada lembaga keondoafian di Kota Jayapura merupakan program Pemerintah Kota Jayapura yang pertama di bawah kepemimpinan Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey.

"Sehingga kami berharap ke depan dengan adanya kendaraan tersebut dapat membantu keondoafian untuk menjalankan fungsi dalam menjalankan roda pemerintahan di kampung," ujarnya.

Dia menjelaskan penyerahan kendaraan tersebut juga bertujuan agar lembaga keondoafian tidak lagi menyewa kendaraan guna melakukan perjalanan dari kampung ke kota.